SEJARAH DAN PERKEMBANGAN UKM KSR-PMI UNIT UNDIKSHA

Unit Kegiatan Mahasiswa Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Unit Undiksha adalah salah satu organisasi kemahasiswaan yang bergerak dalam bidang kemanusiaan. Latar belakang terbentuknya UKM KSR-PMI Unit Undiksha tidak terlepas dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa. Dalam setiap kegiatan diperlukan spesialisasi ilmu tentang tata cara pertolongan pertama yang dulunya disebut dengan P3K (Pertolongan Pertama pada Kecelakaan).
Sejarah perkembangan organisasi kemahasiswaan ini sebenarnya bermula sejak universitas ini masih terintegrasi dalam FKIP Universitas Udayana yakni antara tahun 1968-1993.
Organisasi kemahasiswaan yang terbentuk ini pertama kali diberi nama UKM KSR-PMI Unit Udayana yang merupakan cikal bakal terbentuknya UKM KSR-PMI Unit Undiksha. Awal berdirinya UKM KSR PMI Unit Undiksha bersamaan dengan perubahan status FKIP UNUD menjadi STKIP Singaraja pada tanggal 16 Januari 1993 atau ketika lembaga ini berdiri (lepas dari UNUD) berdasarkan Surat Keputusan Presiden nomor 8 tahun 1993. Sebelum ini UKM KSR PMI Unit Undiksha menjadi satu dalam UKM KSR-PMI UNUD.
Selanjutnya, pada tanggal 5 Februari 2001, berdasarkan Keputusan Presiden No 19 Tahun 2001, STKIP Singaraja berubah menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Singaraja. Bersamaan dengan hal ini, terjadi perubahan nama pada organisasi kemahasiswaan ini menjadi UKM KSR IKIP Negeri Singaraja berdasarkan SK Rektor no.47/KM/2004 tentang penetapan pengurus UKM KSR IKIP periode 2004-2005 yang pada saat itu diketuai oleh Alman Rahadi. Administrasi yang menyangkut UKM pada saat itu mulai diperbaiki. Akhirnya berdasarkan Peraturan Presiden No.11 Tahun 2006, IKIP Negeri Singaraja berubah status menjadi Universitas yang bernama Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha), sehingga sejak saat itu sampai dengan sekarang, organisasi ini bernama UKM KSR-PMI Unit Undiksha.
Berdasarkan hal-hal di atas, terlihat bahwa UKM KSR-PMI Unit Undiksha berdiri sejak 16 Januari 1993, meskipun perubahan nama menjadi UKM KSR-PMI Unit Undiksha baru terjadi pada tahun 2006, sehingga usia UKM KSR-PMI Undiksha pada saat ini adalah 18 tahun.
Seiring dengan perkembangannya, UKM ini mengalami pasang surut. UKM ini sempat vakum selama beberapa tahun. Namun, tiga tahun belakangan ini UKM KSR-PMI Unit Undiksha mengalami kemajuan. Hal ini terlihat dari jumlah anggota yang semakin banyak, begitu pula kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan. Dalam melaksanakan kegiatan, UKM selalu meminta pertimbangan dari pembina di kampus ataupun PMI Cabang Buleleng. Selain itu, untuk menunjang sarana dan prasarana selama kegiatan, UKM selalu berkoordinasi dengan Lembaga dan PMI Cabang Buleleng. UKM juga melaksanakan koordinasi dengan dokter-dokter yang ada di lembaga ini guna kelancaran melaksanakan kegiatan.


source : wawancara dengan Drs. I Putu Sriartha, M.S. (PR III Undiksha)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar