Youth Red Cross Competition (YRCC) III, 2011

Acara pada tanggal 18 September 2011, dibuka oleh PR IV dan dihadiri oleh 16 regu dari berbagai Kabupaten di Bali. YRCC yang diadakan tahun ini adalah YRCC yang ke 3 kalinya diadakan oleh UKM KSR PMI Unit Undiksha. Perlombaan ini menjadi ajang yang sangat bergengsi, selain karena ruang lingkup perlombaan nya yang diadakan se-Bali, YRCC juga  menghadirkan piala tetap Rektor Undiksha untuk diperebutkan. Teknis pelaksanaan perlombaan YRCC III ini, terdapat 3 babak penyeleksian, yaitu babak penyisihan, babak semifinal, dan babak final. Pada babak penyisihan, para peserta menjawab soal-soal objektiv, yang disiapkan oleh panitia sesuai dengan materi kepalangmerahan dan pertolongan pertama tingkat PMR Wira. Hasilnya yaitu, diperoleh beberapa team namun ada dua team dengan skor yang sama, yaitu  dari sekolah SMA N 4 Singaraja dan SMA N 1 Grokgak. Setelah dilakukan babak penyisihan ulang bagi kedua team tersebut, akhirnya SMA N 4 Singaraja dan ke 7 tim lainnya melaju ke babak semi final. Di babak semifinal ini peserta diberikan 3 jenis soal, yaitu: soal amplop, soal praktek, dan soal rebutan. Lomba berlangsung sangat seru sebab masing-masing sekolah bersikukuh menang dan tidak mau kalah dengan tim lain. Akhirnya didapatlah 4 regu terbaik yang berhasil membuktikan diri mampu maju ke babak final.

Kebersamaan yang tak terlupakan........ ( Malam 7 Prinsip )


Wah wah,, PMI udah 66 tahun lho!! Bahagia banget deh,, yang baru ulang tahun yang ke-66. Nggak terasa ya, PMI udah tua juga. Tapi tua bukan berarti lemah kan? Semakin tua umurnya, semakin matang organisasinya. Tentunya pengalamann nya juga bertambah. Nggak seru kalo ulang tahun  nggak dirayain kan? PMI di seluruh Indonesia pasti ngerayain kan? UKM KSR-PMI Unit Undiksha juga nggak mau ketinggalan dong. Walaupun ngerayainnya maju satu hari dari hari jadi PMI, perayaan di UKM

HOT NEWS (bernarsis ria)



"BMC"
Bayu mEmang Cool
Bayu mEmang Ceren
Bayu mEmang Cowok mantabz
Bayu mantabzz cekaleeeee :D

ayo dukung Bayu di Malam Gelar Seni fakultas tiiiiiiiiiiiiiiiiittttttttttttthhhh
ketik BMC kirim ke 51430

maaf atas kekhilafan kami yang kekurangan hiburan dan memanfaatkan ketenaran anda sebagai bahan lelucon.... kak Bayu jangan bersedih lagi.. masih ada kami disini... (made by: segenap tim PSP-KSR tainment)

Ada Yang Baru dari PaGoDaKu (Apa Golongan DarahKu)

Kali ini UKM KSR PMI kembali menyelenggarakan kegiatan donor darah, PaGoDaku (apa golongan darahku). Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka serangkaian HUT PMI yang 66 berlangsung selama 2 hari, yaitu tanggal 13 dan 14 September 2011 yang bertempat di depan sekretariatan bersama BEM, MPM, dan UKM. Kegiatan yang sederhana namun penuh manfaat ini merupakan kegiatan rutin yang menjadi agenda kerja UKM KSR-PMI Unit Undiksha masa bakti 2011-2012 dan merupakan yang ke dua kali dalam kepengurusan ini yang sebelumnya telah diadakan pada saat HUT Palang Merah Internasional.



Tentunya banyak orang yang beranggapan bahwa donor darah merupakan hal yang menakutkan karena ketidaktahuan tentang apa sebenarnya dan bagaimana sebenarnya donor darah itu sendiri. Donor darah bukanlah hal yang mengerikan seperti yang banyak orang bayangkan, apalagi pada orang yang sama sekali belum pernah mendonorkan darahnya. Namun setelah mendonorkan darahnya, sangat beragam jawaban dari para pendonor setelah ditanyai. Tentu untuk yang sudah biasa donor, akan mengatakan rasanya biasa saja atau malah mengatakan mendapat kepuasan batin karena telah menyumbangkan darahnya untuk yang membutuhkan. Namun berbeda lagi dengan jawaban para pendonor yang baru pertama kalinya melakukan donor darah. Ada yang tersenyum dan mengatakan bahwa ia merasa sedikit pusing, ada juga yang mengatakan ternyata donor darah tidak semenakutkan yang mereka bayangkan sebelumnya. Namun apapun jawabannya, tentu rasa terima kasih terselip di setiap kalimat para panitia PaGoDaku kepada mereka yang telah dengan bijaksana mau menyumbangkan darahnya untuk menolong sesama.

Apa sih yang membuat donor darah itu sangat dielu-elukan? Tentu saja banyak mafaat dari donor darah. Bukan hanya dapat membantu orang yang membutuhkan, tapi tentu ada beberapa manfaat bagi diri si pendonor baik fisik maupun psikologisnya.

PaGodaku kali ini berlangsung sukses, dibuktikan dengan banyaknya pendonor pada hari pertama 48 orang dan hari kedua meningkat menjadi 81 orang. Kesuksesan yang sama dicapai pada PaGoDaku sebelumnya, namun ada yang berbeda pada PaGoDaku kali ini. Unit Donor Darah (UDD) telah memiliki sebuah bus yang digunakan khusus untuk onor darah, lengkap dengan fasilitasnya yang anyar dan lengkap, serta tak melupakan kenyamanan para pendonor. Dengan adanya bus donor darah, tentu saja sangat memudahkan UKM KSR-PMI Unit Undikha untuk melaksanankan kegiatan PaGoDaku ini, karena panitia tidak perlu lagi repot repot menyediakan tempat untuk donor darah. Selain itu, pendonor juga akan merasa lebih nyaman karena bus donor dilengkapi dengan fasilitas AC dan LCD serta keaadaan bus yang tertutup sehingga memberikan ruang privasi pada pendonor pada saat mendonorkan darah mereka.



Selain bus baru dari UDD, ada satu hal lagi yang memudahkan pekerjaan panitia pelaksana HUT PMI ke 66 ini, yaitu bakal calon anggota yang bersedia meluangkan sedikit waktunya untuk membantu para panitia dalam acara PaGoDaku ini. Beban para panitia tentu sangat berkurang karena bantuan bakal calon anggota UKM KSR-PMI Unit Undiksha. Semoga pengabdian para bakal calon UKM KSR-PMI Unit Undiksha tidak berhenti sampai di sini. 

Sebuah kegiatan kecil namun sangat berarti telah dilewati, serangkaian dengan HUT PMI yang ke -66 ini. Tapi tentu besar harapan, rasa kemanusiaan tidak akan berakhir begitu saja. Karena sangat banyak orang diluar sana yang sangat membutuhkan bantuan dari orang orang yang berjiwa kemanusiaan seperti para pendonor.

Administrasi dan Peryaratan mengikuti YRCC III PMR Wira Se-Bali

  1. Brosur YRCC (klik disini untuk Mengunduh)
  2. Formulir Pendaftaran YRCC (klik disini untuk Mengunduh) 
  3. JukNis (Petunjuk Teknis) YRCC (klik disini untuk Mengunduh)
Contact Person:
Kadek Ari Wibawa (081915711304)
Eka Widhi (087863053229)

Kumpul-Kumpul BALON (Bakal Calon)

Minggu, 4 September 2011, sore hari menjadi moment kumpul-kumpul anggota UKM KSR PMI Unit Undiksha dengan bakal calon anggota yang merupakan para mahasiswa baru. Acara kali ini adalah kali pertama pengumpulan bakal calon dengan agenda utama pengenalan awal organisasi. Balon... Lucu ya namanya? :D Kenapa para mahasiswa baru tersebut disebut bakal calon? Hal ini dikarenakan mereka belum secara langsung menjadi calon anggota UKM KSR PMI Unit Undiksha, melainkan harus melalui orientasi calon anggota (OCA) dan seleksi sebelum menjadi calon anggota. Setelah lulus melalui kedua proses tersebut, para calon anggota (CA) ini akan direkomendasikan untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan dasar (DIKLAT).
Tepat pukul 13.30 WITA acara tersebut dimulai dengan pengenalan diri para bakal calon anggota yang bertempat di belakang sekretariat UKM. Kemudian acara berpindah ke lapangan

Seru Nggak Harus Mahal


Apa yang bakal terjadi kalo mesin bekerja selama 24 jam sehari selama 7 hari seminggu nonstop? Nggak kebayang kan? Belum sebulan tuh mesin dijamin udah nggak utuh lagi alias rusak. Kalo tubuh manusia yang kayak gitu gimana? Kebayang nggak apa yang bakal terjadi? Tentu sama kayak nasib si mesin, rusak. Apalagi kalo otak manusia kerja terus tanpa refreshing. Dijamin tuh tim PSP bakal kerja keras (kekeke… :D).
Demi menghindari kerusakan otak dan tidak merepotkan tim PSP (???), adanya refreshing setelah melakukan kegiatan tentu penting banget. Maka dari itu (jiah!!) UKM KSR-PMI Unit Undiksha rutin ngadain Refreshing after Activities (RAA) setiap abis kegiatan besar. RAA bukan hal yang besar, tapi hal yang besar belum tentu nggak penting kan? RAA sebenernya penting banget buat para pekerja kemanusiaan, karena setelah pekerjaan yang (lumayan) berat, relawan juga butuh

Bukti Komitmen Relawan pada Ramah Tamah (RaTam)

Ayo apa lagi? OKK udah. Sekarang apa? Pastinya Ratam dong, alias Ramah Tamah. Apaan sih Ratam? Ratam itu pengenanalan lingkungan Fakultas atau Jurusan yang ada di Undiksha ke semua mahasiswa Fakultas atau Jurusan masing masing. Nah, apa hubungannya sama UKM KSR-PMI Unit Undiksha? Ya ada lah. Ini nih ceritanya.
                Ratam Fakultas di masing masing Fakultas udah ada yang mulai dua hari setelah OKK lho. Tentu tambahan tugas lagi buat mahasiswa baru, begitu juga buat anggota UKM KSR-PMI Unit Undiksha. Nggak Cuma Maba dan para panitia yang melakukan persiapan buat ngadepin Ratam, tapi anggota UKM KSR-PMI Unit Undiksha juga dong. Ratam emang nggak seribet OKK yang panitia dan jumlah mahasiswanya bejibun. Tapi tetep aja ngebikin anggota UKM KSR-PMI Unit Undiksha lumayan sibuk. Karena lokasi Ratam Fakultas yang berbeda beda, anggota UKM KSR-PMI Unit Undiksha harus dibagi sesuai jumlah Fakultas yang ada. Lumayan ngerepotin juga kan, anggota yang nggak banyak harus dibagi lagi. Tapi itu nggak bikin anggota UKM KSR-PMI Unit Undiksha nyerah gitu aja. Dengan angota yang nggak banyak dan harus dibagi, anggota UKM KSR-PMI Unit Undiksha tetep ngelakuin hal yang terbaik yang bisa dilakuin (lebay!).
                Tapi akhirnya nggak banyak masalah yang terjadi dan anggota UKM KSR-PMI Unit Undiksha sukses ngejalanin tugasnya!!! (Tralaaaaa…..). Tunggu, belum berakhir gitu aja, perjuangan masih berlanjut! Masih ada ratam Jurusan lho. Tapi emang nggak banyak yang minta bantuan KSR buat bantuin ngejaga Ratamnya. Ada juga yang secara mendadak memanggil KSR karena ada kejadian tak terduga yang nggak disangka. Tentu aja anggota UKM KSR-PMI Unit Undiksha selalu siaga buat ngebantuin siapa aja, meskipun kadang spot jantung juga dipanggil tiba tiba gitu, hehehe... Ala Doctor on Call gitu, ahihihi, tapi bedanya, yang ini KSR on Call. Kekekeke…
                Semuanya udah kelewatin, tentu banyak yang dapat dipetik. Nggak Cuma capeknya aja, tapi pengalamannya juga. Setelah ngelewatin OKK, Ratam Fakultas dan Ratam Jurusan, mestinya pendewasaan buat para anggota UKM KSR-PMI Unit Undiksha udah dirasain. Semoga dengan kesibukan yang padat kayak gitu, nggak ngebikin anggota UKM KSR-PMI Unit Undiksha kapok buat ikut kegiatan. Kegiatan besar lainnya udah nunggu di depan mata tuh. Jaga kesehatan dan tetap berjuang ya!! Semangat!!

Hebohnya Parade UKM KSR-PMI Unit Undiksha di OKK

ukm_ksr


  Tahun akademik baru di Undiksha udah mulai, tapi nggak seru kalo nggak ngulas OKK tahun ini. Banyak banget yang seru yang bisa kita liat waktu OKK. OKK tahun ini nggak jauh beda sama OKK tahun lalu. Tapi OKK taun ini lebih menitik beratkan pada kekreatifitasan mahasiswa baru. Terbukti dengan banyaknya tugas tugas yang menuntut mahasiswa untuk berkreatifitas tinggi.  Nggak salah kreatifitas sangat dituntut sekarang, karena di dunia kerja kini, bukan hanya kemampuan akademis yang diutamakan, namun kesiapan kerja serta kreatifitas juga menjadi hal yang sangat diperhatikan. Diharapkan OKK tahun ini juga dapat membantu mahasiswa baru untuk beradaptasi dengan lingkungan kampus serta kehidupan kampus yang tetu saja berbeda dengan masa SMA.


                Nggak seru dong kalo OKK nggak disertai dengan beragam aktifitas khas OKK. Mulai dari persiapan panitia yang selama kurang lebih tiga bulan mempersiapkan OKK, hingga hiruk pikuk mahasiswa baru saat mulai mengerjakan tugas pada saat OKK. Tentu banyak hal menarik dan unik yang menjadi momen tak terlupakan saat OKK. Mulai dari teman baru sampai pengalaman baru yang tentunya bakal berguna banget buat nantinya.
                Kesibukan saat OKK tentu merambah ke semua komponen yang ada di Undiksha, mulai dari mahasiswa baru, panitia OKK, seluruh UKM yang ada di Undiksha, orang tua mahasiswa baru yang ikutan sibuk membantu persiapan anaknya, sampe security kampus juga ikutan sibuk! (kok makin ngaco aja nie?? ). Tentu kesibukan mereka semua nggak bisa kita bahas satu satu (bisa copot nie jari ngetiknya!). Kita fokus aja sama satu hal, yaitu, jeng jeng jeng jeng….. Parade UKM!!!
                Parade UKM yang dilaksanain di hari ke dua OKK, tepatnya hari Minggu, 7 Agustus 2011 ini berlangsung dari pagi sampe siang, saking banyaknya UKM yang ada di Undiksha. Mulai dari uutan pertama yang ditempati oleh UKM Resimen Mahasiswa (Menwa) sampe UKM Paduan Suara (Padus) yang menjadi UKM terakhir yang menunjukkan kebolehannya. Masing masing UKM menampilkan kegiatan kegiatan yang mereka lakukan.
                Tentu tidak ketinggalan UKM KSR-PMI Unit Undiksha yang selama OKK berada di belakang panggung untuk menolong mahasiswa baru ataupun panitia yang memeerlukan pertolongan medis pertama. Dengan konsep yang sama seperti tahun sebelumnya, UKM KSR-PMI Unit Undiksha menampilkan beberapa kegiatan yang sering dilakukan, seperti LatPan (Latihan Pemantapan) yang diadakan untuk selalu mengasah kemampuan dan mengingat kembali latihan latihan Pertolongan Pertama yang sebelumnya telah didapat pada saat Diklatsar (Pendidikan dan Latihan Dasar), sampai simulasi penanganan orang pingsan dan sesak nafas.
                Yang berbeda dari tahun lalu, yang tentunya semakin bikin heboh parade UKM KSR-PMI Unit Undiksha adalah sebuah Ambulance yang tiba tiba datang pada saat simulasi.. Banyak yang nggak nyangka kalo mahasiswa baru (Maba) yang ternyata anggota UKM KSR-PMI Unit Undiksha yang lagi nyamar (cie,, kayak SPY aja pake nyamar) tiba tiba pingsan (kerjaan si Pingky nih) dan malah yang satunya lagi sesak nafas (si jago acting, Wiryani) serta seorang Maba yang panik (cocok, Dewi Sariani , cocok!), bikin heboh Maba yang ada dekat dengan Maba palsu (baca: Maba utusan UKM KSR-PMI Unit Undiksha). kemudian para penolong (cieh, lebay!) berdatangan buat nolongin mereka dan mempraktekan pertolongan pertama depan para Maba. Ambulance yang dari tadi udah stand by deket FTK tiba tiba datang dan membawa Maba sesak nafas (tersangka: Wiryani) ke dalam ambulance yang akan dibawa ke rumah sakit (ceritanya). Ambulance milik PMI Cabang Buleleng ini lumayan bikin heboh mahasiswa baru. Tapi lumayan juga, dapet tepuk tangan dari Maba yang menunjukkan antusiasme para Maba menyaksikan penampilan dari UKM KSR-PMI Unit Undiksha.
                Semoga bukan hanya antusiasme pada saat menyaksikan penampilan UKM KSR-PMI Unit Undiksha pada saat Parade UKM,  namun antusiame dari Maba bisa berlanjut dengan memilih UKM KSR-PMI Unit Undiksha sebagai wadah bagi mahasiswa Baru dalam menumbuhkan rasa kemanusiaan dan kemampuan berorganisasi dan bersosialiasi.
Siamo!!!