Ada Yang Baru dari PaGoDaKu (Apa Golongan DarahKu)

Kali ini UKM KSR PMI kembali menyelenggarakan kegiatan donor darah, PaGoDaku (apa golongan darahku). Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka serangkaian HUT PMI yang 66 berlangsung selama 2 hari, yaitu tanggal 13 dan 14 September 2011 yang bertempat di depan sekretariatan bersama BEM, MPM, dan UKM. Kegiatan yang sederhana namun penuh manfaat ini merupakan kegiatan rutin yang menjadi agenda kerja UKM KSR-PMI Unit Undiksha masa bakti 2011-2012 dan merupakan yang ke dua kali dalam kepengurusan ini yang sebelumnya telah diadakan pada saat HUT Palang Merah Internasional.



Tentunya banyak orang yang beranggapan bahwa donor darah merupakan hal yang menakutkan karena ketidaktahuan tentang apa sebenarnya dan bagaimana sebenarnya donor darah itu sendiri. Donor darah bukanlah hal yang mengerikan seperti yang banyak orang bayangkan, apalagi pada orang yang sama sekali belum pernah mendonorkan darahnya. Namun setelah mendonorkan darahnya, sangat beragam jawaban dari para pendonor setelah ditanyai. Tentu untuk yang sudah biasa donor, akan mengatakan rasanya biasa saja atau malah mengatakan mendapat kepuasan batin karena telah menyumbangkan darahnya untuk yang membutuhkan. Namun berbeda lagi dengan jawaban para pendonor yang baru pertama kalinya melakukan donor darah. Ada yang tersenyum dan mengatakan bahwa ia merasa sedikit pusing, ada juga yang mengatakan ternyata donor darah tidak semenakutkan yang mereka bayangkan sebelumnya. Namun apapun jawabannya, tentu rasa terima kasih terselip di setiap kalimat para panitia PaGoDaku kepada mereka yang telah dengan bijaksana mau menyumbangkan darahnya untuk menolong sesama.

Apa sih yang membuat donor darah itu sangat dielu-elukan? Tentu saja banyak mafaat dari donor darah. Bukan hanya dapat membantu orang yang membutuhkan, tapi tentu ada beberapa manfaat bagi diri si pendonor baik fisik maupun psikologisnya.

PaGodaku kali ini berlangsung sukses, dibuktikan dengan banyaknya pendonor pada hari pertama 48 orang dan hari kedua meningkat menjadi 81 orang. Kesuksesan yang sama dicapai pada PaGoDaku sebelumnya, namun ada yang berbeda pada PaGoDaku kali ini. Unit Donor Darah (UDD) telah memiliki sebuah bus yang digunakan khusus untuk onor darah, lengkap dengan fasilitasnya yang anyar dan lengkap, serta tak melupakan kenyamanan para pendonor. Dengan adanya bus donor darah, tentu saja sangat memudahkan UKM KSR-PMI Unit Undikha untuk melaksanankan kegiatan PaGoDaku ini, karena panitia tidak perlu lagi repot repot menyediakan tempat untuk donor darah. Selain itu, pendonor juga akan merasa lebih nyaman karena bus donor dilengkapi dengan fasilitas AC dan LCD serta keaadaan bus yang tertutup sehingga memberikan ruang privasi pada pendonor pada saat mendonorkan darah mereka.



Selain bus baru dari UDD, ada satu hal lagi yang memudahkan pekerjaan panitia pelaksana HUT PMI ke 66 ini, yaitu bakal calon anggota yang bersedia meluangkan sedikit waktunya untuk membantu para panitia dalam acara PaGoDaku ini. Beban para panitia tentu sangat berkurang karena bantuan bakal calon anggota UKM KSR-PMI Unit Undiksha. Semoga pengabdian para bakal calon UKM KSR-PMI Unit Undiksha tidak berhenti sampai di sini. 

Sebuah kegiatan kecil namun sangat berarti telah dilewati, serangkaian dengan HUT PMI yang ke -66 ini. Tapi tentu besar harapan, rasa kemanusiaan tidak akan berakhir begitu saja. Karena sangat banyak orang diluar sana yang sangat membutuhkan bantuan dari orang orang yang berjiwa kemanusiaan seperti para pendonor.

1 komentar:

  1. mana Fotonya,, pake Foto KeTuPat, donkk,, heheh,, siamoo,,

    BalasHapus