Youth Red Cross Competition (YRCC) III, 2011

Acara pada tanggal 18 September 2011, dibuka oleh PR IV dan dihadiri oleh 16 regu dari berbagai Kabupaten di Bali. YRCC yang diadakan tahun ini adalah YRCC yang ke 3 kalinya diadakan oleh UKM KSR PMI Unit Undiksha. Perlombaan ini menjadi ajang yang sangat bergengsi, selain karena ruang lingkup perlombaan nya yang diadakan se-Bali, YRCC juga  menghadirkan piala tetap Rektor Undiksha untuk diperebutkan. Teknis pelaksanaan perlombaan YRCC III ini, terdapat 3 babak penyeleksian, yaitu babak penyisihan, babak semifinal, dan babak final. Pada babak penyisihan, para peserta menjawab soal-soal objektiv, yang disiapkan oleh panitia sesuai dengan materi kepalangmerahan dan pertolongan pertama tingkat PMR Wira. Hasilnya yaitu, diperoleh beberapa team namun ada dua team dengan skor yang sama, yaitu  dari sekolah SMA N 4 Singaraja dan SMA N 1 Grokgak. Setelah dilakukan babak penyisihan ulang bagi kedua team tersebut, akhirnya SMA N 4 Singaraja dan ke 7 tim lainnya melaju ke babak semi final. Di babak semifinal ini peserta diberikan 3 jenis soal, yaitu: soal amplop, soal praktek, dan soal rebutan. Lomba berlangsung sangat seru sebab masing-masing sekolah bersikukuh menang dan tidak mau kalah dengan tim lain. Akhirnya didapatlah 4 regu terbaik yang berhasil membuktikan diri mampu maju ke babak final.
Sebelum babak penentuan atau babak final dimulai peserta dihibur oleh penampilan Ulin cs dari grup musikalisasi puisi “cemara angin” yang tentunya menambah semarak dan semangat para peserta.



Babak final pun berlangsung seru, sampai 3 juara terbaik yaitu:
1.       SMAN 1 Singaraja
2.       SMAN 1 Singaraja
3.       SMAN 3 Denpasar



Acara pun ditutup dengan pemberian piala rektor Undiksha kepada pemenang, YRCC III ditutup secara resmi oleh komandan UKM KSR PMI Unit Undiksha.
YRCC III sebagai acara puncak dari serangkaian peringatan ulang tahun HUT PMI yang ke 66 ini tentunya menjadi acara yang ditunggu-tunggu dan dipersiapkan dengan matang oleh panitia. Kegiatan ini pun tak luput dari kekurangan dan berbagai kendala, seperti kurangnya koordinasi baik dengan sesama panitia, juri, dan ke peserta. Acara ini akhirnya dapat berjalan dengan sukses dengan komitmen dan kerja keras dari para panitia dari UKM KSR PMI Unit Undiksha, dan adik-adik bakal calon UKM KSR PMI Unit Undiksha yang telah membantu persiapan sampai akhir kegiatan YRCC III ini.
Tentu saja banyak harapan untuk acara YRCC ini kedepannya, mengingat acara ini adalah program kerja tetap dari UKM KSR PMI Undiksha dari tahun ke tahun. Persiapan yang lebih matang dari panitia sangat diperlukan serta koordinasi dengan pihak-pihak luar agar dapat lebih ditingkatkan. Setelah sukses menggelar YRCC hingga yang ke tiga kalinya, YRCC tahun depan dapat pula menghadirkan piala bergilir rektor yang tentunya akan menambah minat sekolah-sekolah di Bali untuk mengikuti acara ini.  

Semangat YRCC ! Semangat PMR WIRA!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar