Serangkaian Diklatsar XVI

Kegiatan serangkaian Dikatsar UKM KSR PMI Unit Undiksha merupakan kegiatan yang bertujuan untuk merekrut anggota UKM KSR PMI Unit Undiksha dan mecetak kader-kader relawan yang mampu mengemban tugas sebagai pelaku pertolongan pertama (PP). Untuk tahun 2011, serangkaian kegiatan Diklatsar ini dimulai dari penyeleksian calon anggota yang terdaftar dalam
pengumpulan minat dan bakat saat Orientasi Kehidupan Kampus 2011, kemudian mahasiswa yang memilih UKM KSR-PMI Unit Undiksha mengikuti kegiatan orientasi calon anggota (OCA) UKM KSR-PMI Unit Undiksha pada 22—23 Oktober 2011 bertempat di Ruang Seminar Manajemen, FIS. Kegiatan OCA ini mutlak untuk diikuti oleh bakal calon anggota yang berjumlah 57 orang, karena melalui OCA mereka diseleleksi untuk menjadi calon anggota melalui tes wawancara dan tes tulis. Kegiatan OCA pun berlangsung seru dan menyenangkan karena diisi pula dengan kegiatan games, outbond dan pelatihan kedaruratan medis yang menambah pengetahuan mereka tentang pertolongan pertama.
Kegiatan DIKLATSAR KSR PMI Unit Undiksha berlangsung pada tanggal 8—12 November 2011 di Monumen Perjuangan Bhuana Kertha, desa Panji. Adapun tema dari kegiatan ini adalah “Diklatsar XIV KSR-PMI Unit Undiksha Membentuk Kader Relawan Berkualitas yang Memiliki Jiwa Sosial, Tanggung Jawab, dan Kepercayaan Antaranggota”
Upacara pembukaan dibuka oleh Pembina UKM KSR-PMI Unit Undiksha, dr. Adi Suputra, S.Ked, mewakili bapak Pembatu Rektor III yang berhalangan hadir. Kegiatan Diklatsar XVI KSR PMI Unit Undiksha ini dibuka, ditandai dengan pemukulan gong dan penyematan nametag secara simbolis kepada peserta. Undangan yang hadir diantaranya, beberapa ketua UKM di lingkungan Undiksha, Ketua BEM Undiksha, Ketua MPM, perwakilan dari TP2L dan PMI kabupaten Buleleng, Komandan KSR-PMI Unit Markas PMI Kabupaten Buleleng, serta Komandan KSR-PMI Unit Unipas.
Setelah selesai upacara pembukaan, Koodinator Lapangan, Kadek Ari Wibawa mengambil alih dan membimbing peserta selama  berada di lapangan bersama dengan sie Acara. Dari hari pertama sampai hari terakhir peserta diberikan materi tentang kepalang merahan, baik di dalam kelas maupun di lapangan. Selain materi kepalang merahan, ada juga beberapa materi yang penting yang diselipkan dalam Diklatsar ini, seperti materi PBB dan materi kepemimpinan. Sesuai dengan tema, secara tidak langsung dalam pelatihan tersebut, para pesetrta juga diajarkan untuk saling percaya terhadap sesama peserta, saling menghormati, serta penumbuhan rasa tanggung jawab. Secara tidak lagsung juga para peserta dilatih untuk bertahan dalam keadaan bencana yang berat, dengan harapan agar peserta nantinya menjadi relawan yang tangguh baik fisik maupun mental. Dihari terakhir seluruh peserta melakukan simulasi untuk mengevaluasi pemahaman peserta terhadap materi yang telah diberikan selama 4 hari. Dengan berakhirnya simulasi, peserta diarahkan untuk membereskan barang-barang mereka dan membongkar tenda.
Dalam upacara penutupan diklat ditutup oleh ketua PMI Cabang Buleleng, I Made Pasek Yasa. Peserta yang berjumlah 22 dinyatakan lulus semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar