Muker IV UKM KSR-PMI Unit Undiksha

Bulan Desember dan Januari merupakan bulan yang sangat penting bagi seluruh organisasi mahasiswa di lingkungan Undiksha. Pada bulan-bulan ini musim demokrasi dimulai. Segala bentuk kegiatan suksesi dan rapat kerja dilakukan oleh seluruh anggota organisasi yang ada. Pada saat-saat inilah terjadi proses pemilihan pemimpin baru, proses evaluasi kerja, juga perencanaan kegiatan untuk setahun kedepan. Pada saat ini pula demokrasi diuji, musyawarah yang alot dilakukan untuk mencapai mufakat, dan hubungan social diluaskan. Bulan yang seharusnya diisi dengan liburan panjang, tidak berlaku bagi mahasiswa aktif yang justru sedang sibuk bersosialisasi dengan lingkungan kampusnya.

            Hal ini juga berlaku bagi UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) kita tercinta, yaitu UKM KSR-PMI Unit UNDIKSHA. Tanggal 14,15 dan 17 Januari 2012 merupakan hari yang sangat bersejarah bagi UKM kita. Pada hari itu, segala bentuk pengabdian dan tanggung jawab dipertaruhkan, segala keseriusan dan komitmen dipertanyakan, dan pada hari itu pula demokrasi terakbar di UKM KSR-PMI Unit UNDIKSHA dilakukan. Dan segala bentuk kejadian dalam tiga hari itu akan senantiasa tergores rapi dalam sejarah peradaban UKM kita.
            Kegiatan akbar tahunan ini dilaksanakan selama tiga hari yaitu pada tanggal 14, 15 dan 17 Januari 2012. Acara serangkaian suksesi ini mengagendakan pembuatan PO (Panduan Organisasi) yang dilaksanakan pada tanggal 14, pemilihan komandan baru beserta jajaran pengurusnya yang dilaksanakan pada tanggal 15, dan agenda yang terakhir adalah musyawarah kerja yang dilaksanakan pada tanggal 17. Dan berkat bimbingan serta arahan yang baik dari panitia, acara dapat berjalan secara lancar, tertib dan aman. 

Acara dibuka oleh PD III dengan kushu dan hikmad. Sesuai dengan jadwal semula, agenda yang pertama adalah pembuatan PO (Pedoman Organisasi). Proses pembuatan PO ini berlangsung cukup alot. Banyak pihak yang beradu pendapat mengenai isi dari PO tersebut. Ada yang memberi masukan, ada pula yang menentang. Namun semua itu dapat diterima dengan baik sebagai masukan sehingga proses diskusi merjalan lancar dan tertib. Setelah disahkan, PO tersebut telah resmi menjadi pedoman dalam segala kegiatan organisasi di UKM KSR-PMI Unit UNDIKSHA. Dengan ditutup oleh do’a, acara pada hari pertama ini selesai pada pukul 15.00 WITA.

Pada hari kedua, tepatnya pada tanggal 15 Januari 2012 dilaksanakan kegiatan suksesi, dimana seluruh anggota UKM KSR-PMI Unit UNDIKSHA menggunakan hak pilihnya untuk menentukan siapa yang berhak menjabat sebagai komandan yang baru sekaligus menggantikan komandan demisioner yaitu Kak Ngurah. Setelah para calon komandan melakukan orasi, para anggota melakukan musyawarah untuk memilih komandan. Namun terdapat dua pendapat yang berbeda. Kemudian dilakukan lobbying, ternyata belum juga ditemukan jalan keluar. Dan akhitnya dilakukan pemungutan suara oleh seluruh anggota. Dan akhirnya Kak Anastasya mendapatkan suara mutlak dan berhak menjadi komandan baru UKM kita tercinta. 

Pada hari yang terakhir, yaitu pada tanggal 17 Januari 2012 dilaksanakan musyawarah kerja oleh seluruh anggota guna merencanakan kegiatan yang akan dilakukan selama kepengurusan untuk satu tahun kedepan. Masing-masing koordinator bidang menyampaikan rencana kerjanya dan mendiskusikannya kepada seluruh anggota. Karena program kerja yang cukup banyak dan musyawarah yang alot, akhirnya kegiatan di hari terakhir ini berakhir pada pukul 17.00 WITA. Meskipun rasa lelah tidak bisa ditampik dari wajah para anggota, namun semua merasa senang dan puas karena ketiga agenda acara dapat berjalan lancar tertib dan aman sehingga hasil rapat selama tiga hari tersebut memuaskan seluruh anggota.  _Ajeng_

2 komentar: