Bakti Sosial ke Panti Asuhan Destawan Buleleng


        Masih dalam serangkaian kegiatan peringatan Hari Palang Merah Sedunia ke 149, hari ini Minggu, 27 Mei 2012 UKM KSR-PMI Unit Undiksha melaksanakan kegiatan yang ke-4 yaitu kegiatan bakti sosial ke Panti Asuhan Destawan, Kecamatan Sawan, Singaraja. Setelah sebelumnya kegiatan Lomba Menggambar dan Mewarnai tingkat SD telah sukses dilaksanakan,
hari ini dengan semangat yang tidak kalah besarnya, anggota UKM KSR-PMI Unit Undiksha berangkat ke lokasi membawa barang-barang sumbangan berupa alat tulis, baju, dan peralatan sekolah yang dihimpun dari seluruh ormawa dan mahasiswa Undiksha. Dalam kegiatan, UKM KSR-PMI Unit Undiksha bekerja sama pula dengan UKM KSR-PMI Unit IHDN Singaraja dan PMI Markas kab. Buleleng.
Keramahan yang memancar dari bibir kecil anak-anak panti Asuhan Destawan menyambut kedatangan kami. Setelah persembahyangan, acara dilanjutkan dengan pembukaan yang diikuti oleh 45 orang anak-anak panti asuhan. Acara pembukaan diisi dengan sambutan dari pemilik panti asuhan Destawan, yaitu Bapak Sutrisna, yang merupakan seorang guru PKN di SMK N 1 Sawan. Beliau merupakan pendiri panti asuhan Destawan yang pada mulanya termotivasi untuk mendirikan sebuah panti asuhan dari LPUH dan panti asuhan Dana Punia, guna menampung dan menolong anak-anak Hindu yang putus sekolah, dan terjerat kemiskinan.
            Kondisi Panti Asuhan Destawan sendiri sangatlah jauh dari kata layak. Anak-anak penghuni panti setiap harinya terpaksa tidur di atas karpet dengan tas mereka sebagai bantalnya dan tidak ada tempat tidur disana. Tidak hanya itu, setiap hari mereka megkonsumsi gaplek yang dicampur dengan nasi guna mengganjal perut mereka yang mungil. Namun dengan semua keterbatasan itu, mereka mengaku sangat senang berada disana. Karena mereka semua masih dapat bersekolah dengan layak, dan melakukan aktivitas-aktivitas lainnya yang menyenangkan. Setiap seminggu sekali mereka mengikuti pelajaran agama, pendidikan computer, pelatihan tari, gamelan dan mekidung.
            Guna menghibur anak-anak penghuni panti, panitia memberikan beberapa games seru guna melatih kecakapan serta kekompakan mereka. Tak hanya anak-anak panti, panitia pun tak mau ketinggalan membaur bersama anak-anak panti dan mengikuti games dengan antusias dan semangat. Tepat pukul 12.30 WITA acara ditutup dengan penyerahan bantuan secara simbolis oleh Komandan UKM KSR-PMI Unit Undiksha dan Unit IHDN kepada pihak panti asuhan destawan dan kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama para panitia bersama anak-anak penghuni panti asuhan.
           Dan kini panitia harus bersiap kembali untuk mempersiapkan acara puncak yang terakhir yaitu Lomba Cerdas Terampil PMR Madya se-Kabupaten Buleleng yang akan diselenggarakan pada tanggal 10 Juni 2012 mendatang. (ajeng)

1 komentar:

  1. Menyenangkan ya,,, kawan""".....
    Tinggal kegiatan kita selanjutnya .....
    ayo smangat untuk LCT
    habis tu kita RAA
    :)

    BalasHapus