Donor Darah Serangkaian HUT PMS ke 149

Selain mengadakan kegiatan sosialisasi donor darah, dalam rangka memperingati Hari Palang Merah Sedunia, UKM KSR-PMI Unit Undiksha juga membuka stand PaGoDaKu (aPa Golongan DarahKu). Sama halnya dengan kegiatan sosialisasi, kegiatan PaGoDaKu juga mendapatkan sambutan yang baik dari seluruh rakyat Undiksha. Hal ini terbukti dengan banyaknya jumlah mahasiswa maupun pegawai yang mendonorkan darahnya di stand PaGoDaKu ini.




Sejak pagi, kesibukan telah terlihat di depan secretariat ormawa Undiksha. Semua anggota KSR antusias mempersiapkan segala persiapan stand PaGoDaKu, sambil menunggu bus UDD datang. Antusiasme anggota KSR semakin bertambah ketika para pendonor datang berduyun-duyun, mendaftar untuk mendonorkan darahnya. Karena jumlah pendonor yang kian bertambah, petugas terpaksa membuka 3 stand baru untuk melayani para pendonor. Sehingga terdapat 7 stand donor darah yang selalu disesaki oleh para pendonor yang inin menyumbangkan darahnya.




Satu persatu calon pendonor menjalani serangkaian pemeriksaan. Mulai dari pendaftran, kemudian, pemeriksaan berat badan, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaaan kondisi kesehatan oleh dokter, hingga akhirnya diizinkan oleh dokter untuk melakukan donor darah. Setelah melakukan donor darah, pendonor diistirahatkan selama 15 menit untuk memulihkan  kondisinya. Pendonor juga diberikan telur, susu, dan vitamin penambah darah untuk memulihkan kondisinya.
            Beroperasi sejak pukul 9 pagi hingga pukul 1 siang, tak kurang dari 80 kantong darah berhasil diperoleh di hari pertama dibukanya stand PaGoDaKu. Stand ini dibuka selama 2 hari yaitu tanggal 3 Mei 2012 dan 4 Mei 2012. Namun sayangnya tidak seperti di hari pertama, di hari kedua, jumlah pendonor yang datang lebih sedikit yaitu sekitar 60 orang. Jadi selama 2 hari, UDD berhasil mengumpulkan sekitar 140 kantong darah yang selanjutnya akan menjalani pemeriksaan di laboratorium dan segera disalurkan kepada resipien di seluruh Kabupaten Singaraja. Dengan perasaan senang dan lega karena berhasil mengumpulkan banyak darah, stand PaGoDaKu ditutup dengan aksi foto bersama dengan petugas UDD. Dan yang tak kalah seru, pose-pose narsis para anggota KSR juga menghiasi kegembiraan yang tak terbendung saat itu. Mengingat antusiasme para pendonor, maka mengingatkan kita akan jiwa-jiwa yang terselamatkan pula dengan hadirnya setetes darah dari para pahlawan donor darah. Maka dari itu teman, ayo kita donor sekarang. Karena setetes darah kita, menyelamatkan nyawa mereka.-Ajeng-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar