Lomba Menggambar dan Mewarnai Tingkat SD se-Kecamatan Buleleng


Guna memperingati Hari Palang Merah Sedunia, UKM KSR-PMI Unit Undiksha mengadakan serangkaian acara yang bertajukkan kepalangmerahan. Setelah sebelumnya upacara pembukaan dan kegiatan social PaGoDaKu (aPa Golongan Darahku) sukses diselenggarakan pada tanggal 3 dan 4 Mei 2012, maka hari ini 20 Mei 2012 kembali diselenggarakan kegiatan Lomba Menggambar dan Mewarnai Tingkat SD se-Kecamatan Buleleng. Lomba ini diikuti oleh 19 orang peserta yang berasal dari seluruh sekolah dasar yang ada di Kecamatan Buleleng. 
           
Sejak pukul 06.30 WITA, kesibukan sudah tampak jelas dari para panitia penyelenggara kegiatan yang tak lain adalah anggota UKM KSR-PMI Unit Undiksha. Tak mau kalah dengan panitia, satu-persatu peserta datang dengan bersemangat ke tempat lomba yang diselenggarakan di Gedung Seminar Fakultas Ilmu Sosial Undiksha Singaraja.
            Tepat pukul 08.30 acara dibuka oleh Kak Margot selaku perwakilan dari PMI Kabupaten Buleleng. Acara dibuka dengan khidmad dan antusiasme para peserta lomba dan juga panitia. Dalam sambutannya Kak Margot berpesan kepada seluruh peserta lomba untuk berlomba secara sportif dan jujur.
            Dengan tema “Mulai Hidup Sehat dari Diri Sendiri”, dan dengan waktu yang dialokasikan selama 90 menit, para peserta harus menuangkan semua kreasi dan imajinasinya dalam kertas gambar yang disediakan oleh panitia. Tidak hanya itu, para peserta juga harus memperhatikan prasyarat-prasyarat yang harus diikuti selama perlombaan, karena aspek penilaian perlombaan difokuskan pada kesesuaian gambar dengan tema, kerapian dan keindahan gambar. Dalam lomba ini, peserta juga dilarang mencontek, meminjam peralatan teman, dan berdiskusi dengan pembinanya.
            Selama kurang lebih 1,5 jam, para peserta memaksimalkan waktu yang diberikan. Pada 1 jam pertama sudah mulai terlihat goresan warna pada kertas gambar para peserta. Seluruh peserta terlihat antusias menggoreskan pensil dan crayon mereka pada kertas gambar. Pensil yang berwarna-warni menghiasi meja kecil mereka. Hingga pada akhirnya waktu telah habis dan para peserta diharuskan mengumpulkan hasil karya mereka kepada panitia untuk selanjutnya dilakukan penilaian oleh dewan juri. Dewan juri untuk lomba ini terdiri dari tiga orang yaitu dari pihak PMI, seni rupa dan dari salah seorang anggota KSR.
            Setelah selesai melukis, para peserta dan pendampingnya istirahat makan siang sembari menunggu para dewan juri memeberikan penilaiannya. Ketika saatnya tiba, seluruh peserta seolah tak sabar menanti pengumuman pemenang lomba pada hari ini, melalui penilaian yang cukup alot dari para dewan juri, akhirnya didapatlah gambar terbaik yang akhirnya berhasil memperoleh juara I, II, III, dan harapan I. Pemenang tersebut adalah Gede Akhsadiva Wiryamanu dari SD N 3 Banjar Jawa sebagai juara I, Ida Bagus Putu Ananda M. K. dari SD N 4 Kaliuntu sebagai juara II, Putu Bunga Mutiara Melinda dari SD Triamerta sebagai juara III, dan Gede Ananda dari SD N 2 Paket Agung sebagai juara harapan I. Demikian hasil perlombaan pada hari ini, yang sekaligus disambut baik oleh seluruh peserta. Namun ada pula peserta yang pulang dengan kecewa karena belum berhasil memenangkan perlombaan.
            Setelah acara ditutup secara resmi, kini giliran panitia yang kembali sibuk membereskan segala perlengkapan yang digunakan. Tanpa mengenal lelah, seluruh panitia saling bahu-membahu membersihkan semua perlengkapan. Dan dengan perasaan lega, sekaligus puas, acara diakhiri dengan rapat evaluasi yang dipimpin oleh ketua panitia. Namun ini semua belumlah selesai, karena masih ada 2 kegiatan lagi yang akan dilakukan serangkaian Peringatan Hari Palang Merah Sedunia ke 149 ini, yaitu kegiatan bhakti social yang akan diselenggarakan pada tanggal  27  Mei 2012 dan LCT (Lomba Cerdas Terampil) tingkat Madya se-Kabupaten Buleleng yang akan disenggarakan pada tanggal 10  Juni 2012. Soo, semangat teman-teman.. kita sukseskan kegiatan kita selanjutnya.(Ajeng)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar