OCA (Orientasi Calon Anggota): Serangkaian Kegiatan Diklatsar XVII



Membentuk Kader Relawan Terlatih yang Sigap, Tanggap, dan Berkomitmen Berlandaskan 7 Prinsip Dasar Gerakan
Yaak...UKM KSR-PMI Unit Undiksha mengadakan perekrutan anggota baru tahun 2012. Perekrutan anggota ini dimulai dari pengumpulan form minat bakat oleh mahasiswa baru. Selanjutnya calon anggota yang telah mendaftar dikumpulkan dalam kegiatan orientasi calon anggota yang merupakan ajang pengenalan organisasi pada Sabtu, 20 Oktober 2012 dan Minggu, 21 Oktober 2012 di Gedung Fakultas Olahraga dan Kesehatan Kampus Tengah Undiksha.
Berbeda dengan tahun sebelumnya, kegiatan OCA kali ini dilaksanakan serangkaian dengan kegiatan DIKLATSAR ke XVII yang merupakan kegiatan pendidikan dan pelatihan dasar bagi calon anggota korps sukarela Palang Merah Indonesia. Hal ini dikarenakan ada beberapa materi diklatsar yang diselipkan pada kegiatan OCA untuk memenuhi standar diklatsar yaitu 120 jam. Kegiatan serangkaian Diklatsar ke XVII yang dijalankan UKM KSR PMI Unit Undiksha tahun ini direncanakan selama ± 102 jam, yang akan berjalan sebanyak 1 kali sabtu minggu orientasi calon anggota, 2 kali sabtu minggu untuk pemberian materi diklatsar, dan 3 hari untuk praktik dan simulasi. Serta pemenuhan waktu standar akan dilanjutkan dengan Pelatihan Pemantapan setelah diterima menjadi anggota KSR PMI Unit Undiksha.
Kegiatan OCA hari pertama berlangsung cukup sukses, meskipun calon anggota yang hadir kurang dari OCA sebelumnya, yaitu sejumlah 40 calon anggota. Para calon anggota mengikuti kegiatan dengan antusias, kegiatan dimulai pada pukul 12.30 yaitu dengan Presensi Peserta dan pengumpulan perlengkapan kelompok yang dilaksanakan di belakang Sekretariat UKM. Setelah itu dilanjutkan dengan Pembukaan yang diisi dengan arahan kepada calon anggota selama pelaksanaan Diklatsar XVII, yang dilaksanakan oleh Kak Ari Wibawa. Pembukaan berlangsung lancar dan dilanjutkan dengan Bina Suasana Kelas yang diisi oleh Sie. Diklat. Pada hari ini, mereka dibekali dengan materi Gerakan PM/BSM (Sejarah Gerakan dan Prinsip Dasar Gerakan) oleh Kak Margot dan untuk Lambang Gerakan disampaikan oleh Nari. Mereka juga mendapatkan Pre Test dan Post Test. Pukul 21.50 seluruh kegiatan pada hari itu diakhiri dengan menuju kapuk, para calon anggota menginap di gedung FOK dengan ruangan yang terpisah antara putra dan putri juga panitia. Ruang L.II.1 dijadikan ruangan tidur untuk calon anggota putri, ruang L.II.2 sebagai ruang tidur calon anggota putra, ruang L.II.4 untuk ruang tidur panitia, dan ruang L.II.3 untuk ruang pemberian materi.
OCA hari kedua dilaksanakan pada Minggu, 21 Oktober 2012 di tempat yang sama yaitu Gedung Fakultas Olahraga dan Kesehatan Kampus Tengah Undiksha. Para calon anggota yang menginap sudah harus dibangunkan pada pukul 05.30 WITA untuk melaksanakan olah tubuh yang ditangani oleh sie. Diklat, dengan bantuan Tantra. Setelah itu dilaksanakan pula review materi untuk memantapkan materi yang telah diterima oleh calon anggota pada hari sebelumnya dan ada pula pemberian  materi Gerakan PM/BSM (HPI dan Kode Perilaku) oleh kak Margot, materi Kepalangmerahan/PMI oleh kak Gede Sandiasa dan materi Kepemimpinan/Outbond yang ditangani oleh kak Gede Sandiasa dan kak Bayu Arysico. Maka ditutuplah OCA pada hari Minggu ini dengan Penutupan dan pengumuman-pengumuman. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan UKM KSR-PMI Unit Undiksha mampu Membentuk Kader Relawan Terlatih yang Sigap, Tanggap, dan Berkomitmen Berlandaskan 7 Prinsip Dasar Gerakan dan menjadikan UKMKSR-PMI menjadi semakin baik kedepannya. Siamo! (Cherrie)

4 komentar:

  1. siamooo.. lanjutkan.. mantaph :D

    BalasHapus
  2. Wiiiih... gambar" 'ANEH'nya ga ditampilin kak? hehehe

    BalasHapus
  3. Ralat biar ga salah tafsir..
    HASIL KARYA Gambar ala mata" maksudnya... hehehe

    BalasHapus