Persami I - Serangkaian Diklatsar XVII



 Photobucket
Melanjutkan kegiatan Orientasi Calon Anggota (OCA) sebagai Serangkaian Kegiatan Diklatsar XVII, diadakan Persami I pada 3-4 November 2012 di Gedung Fakultas Bahasa dan Seni (FBS). Pembukaan kegiatan dilaksanakan di Ruang Seminar FBS, yang dibuka secara resmi oleh Kak Pasek selaku Pembina Teknis UKM KSR-PMI Unit Undiksha. Calon Anggota (CA) berkumpul pukul 06.30, setelah itu CA diarahkan untuk memasuki ruangan. Jumlah CA yang datang pada Hari pertama Persami 1 berjumlah 27 orang. Secara umum, acara pembukaan berlangsung dengan lancar dan tepat waktu.

Setelah pembukaan selesai, dilanjutkan dengan bina suasana kelas. Materi pertama pada hari ini adalah Peran KSR oleh kak Budi, CA mengikuti materi dengan antusias. Di tengah-tengah pemberian materi, kak Budi mengajak CA untuk membangkitkan semangat lagi agar tidak mengantuk dengan senam eksekutif dan yel-yel pemberi semangat. Materi selanjutnya adalah materi UKM KSR-PMI oleh Komandan UKM KSR-PMI – Kak Anastasia Mayrika. Untuk mengantisipasi rasa ngantuk peserta, kak Tya meminta mereka untuk membacakan pedoman organisasi.
Setelah itu CA diajak ke lapangan untuk menerima materi PBB yang dihandle oleh Korlap (Nari) dan Kak Bayu Arisyco. CA menerima materi PBB dengan antusias walau lelah dan panas menyengat.
Setelah PBB usai, dilanjutkan dengan makan siang dengan menu nasi, mie kuah, dan telur. Kelompok yang mendapat tugas sebagai DU membagikan makanan dan minuman untuk teman-temannya kemudian mereka berdoa dan makan bersama. Setelah perut kenyang dan energy penug, CA kembali oke, mereka harus kembali memasuki ruang kelas untuk menerima materi Donor Darah dari Dr. Rizani. Setelah pemberian materi selesai, sie Diklat memberikan ice breaker kepada CA dengan mempersilahkan salah seorang perwakilan dari CA untuk memimpin permainan atau lagu.
Setelah puas mendapatkan hiburan, CA melanjutkan aktivitasnya dengan pengantar manajemen bencana oleh kak Pasek. CA tidak kelihatan mengantuk karena kak Pasek memberikan materi yang diselingi dengan humor ringan. Setelah materi usai, dilanjutkan dengan MCK, sembahyang, dan makan malam yang dihandle langsung oleh sie diklat. CA terlihat menikmati makan malam yang telah disiapkan oleh sie konsumsi.
            Setelah makan malam, CA masuk ke ruang kelas kembali dan melaksanakan remedial selama 15 menit. Lalu CA menerima materi DU dari ibu Sudar. CA terlihat masih bersemangat walaupun ada beberapa yang terlihat lelah dan mengantuk. Sedih karena 1 orang CA harus pulang karena sakit.
Setelah selesai menerima materi, CA mengikuti unit test. Sebelum tidur, CA melaksanakan apel malam yang diawali dengan latihan dan gladi selama 30 menit. Apel malam diinstrukturi oleh Ketua Panitia Diklatsar XVII – kak Johanes. CA melaksanakan apel malam dengan semangat walaupun waktu sudah menunjukkan pukul 22.40. Setelah melaksanakan apel malam, CA diberikan waktu persiapan untuk tidur selama 10 menit dan dipersilakan untuk tidur di ruangan masing-masing.
Photobucket
             Esok harinya kegiatan dimulai pada pukul 5 pagi dengan diadakannya Olah Tubuh yang dipimpin oleh Kak bayu Arysico, CA dikumpulkan di basement samping FBS. Setelah 30 menit melaksanakan olah tubuh, CA melanjutkan dengan MCK dan sembahyang bersama yang dihandle oleh sie Upacara dan Upakara. Lalu diadakan apel pagi yang dihandle oleh Korlap, jalannya baris-berbaris berlangsung dengan suasana yang agak menegangkan, maklum CA masih lupa-lupa bagaimana tata cara apel yang baik dan benar sehingga panitia merasa sedikit kecewa yang menciptakan situasi yang lumayan menegangkan. Setelah melewati sedikit ketegangan mereka pun mengisisi perut dengan sarapan nasi goreng dan telur dadar yang disiapkan oleh sie Konsumsi. Dengan perut yang sudah penuh terisi CA kembali ke ruang materi dan mendapatkan ice breaking yang dihandle oleh sie diklat. Setelah itu mereka mendapatkan materi PK . Setelah itu dilanjutkan dengan materi Assessment oleh kakBudi. Disela materi assessment, CA menerima makan siang dengan gembira. CA juga dipersilahkan untuk membuat kopi. Setelah itu Kak Budi melanjutkan materi. Setelah itu, CA menerima materi dan simulasi Logistik yang diberikan oleh Kak Bayu. Tema simulasi Distribusi Logistik yaitu mengenai PMI yang mendistribusikan bantuan namun terjadi kericuhan, CA mengikuti simulasi dengan sangat antusias. Selama Persami ini CA banyak menerima materi ya, mungkin beberapa CA ada yang merasa bosan tapi semoga aja CA yang hadir pada Persami 1 ini tetap bertahan jumlahnya, untuk saat ini jumlah CA yang masih bertahan yaitu 27 orang. Semoga saja pada Persami 2 jumlahnya makin bertambah banyak ya…(Cherrie)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar