Persami II - Serangkaian Diklatsar XVII



Photobucket
Melanjutkan kegiatan Persami 1 sebagai Serangkaian Kegiatan Diklatsar XVII, diadakan Persami 2 pada 10-11 November 2012 di Gedung Kuliah Umum (GKU). Sabtu, 10 November 2012, Calon Anggota (CA) berkumpul pukul 06.30 pagi, setelah melakukan presensi dan pengecekan barang bawaan, CA diarahkan untuk memasuki ruangan. Jumlah CA yang datang pada Hari pertama Persami 2 berjumlah 26 orang. Secara umum kegiatan berlangsung dengan lancar dan tepat waktu.

Kegiatan di ruangan materi dimulai dengan bina suasana kelas dan dilanjutkan dengan materi. Materi pertama pada hari ini dimulai dengan materi Watsan oleh Kak Margot, CA mengikuti materi dengan antusias. Giliran korlap menghandle ruangan sebelum materi berikutnya diberikan. Akhirnya Kak Pasek memasuki ruang kelas dan memberikan materi RFL. Di tengah-tengah pemberian materi, Kak Pasek mengajak CA untuk membangkitkan semangat lagi agar tidak mengantuk dengan mengajak CA menyanyikan lagu-lagu pemberi semangat, selain itu kadang-kadang diberikan juga sedikit lelucon. Setelah tujuh jam materi terlewati, akhirnya tiba saatnya makan siang. CA begitu penasaran dengan menu yang dihidangkan DU siang ini. Mereka dikumpulkan di lapangan depan gedung sementara CA yang mendapat giliran piket menyiapkan makan siang, agar tidak suntuk Kak Sotong sebagai Anggota Sie. Diklat mengajak mereka mengumandangkan yel-yel “Saya lapar! Saya lapar!” sambil jalan jongkok menuju tempat makan siang. Makan siang kali ini lebih heboh dari Persami 1, habis makan jalan jongkok lagi dan dibariskan berasa lebih militer, tapi masih belum seberapa dibanding diklat lapangan nanti, semangat adik-adik CA! 
Setelah makan, materi lagi. Materi selanjutnya adalah Dasar-Dasar PP dan Anatomi&Faal dasar oleh Kak Margot. Habis makan, enaknya memang tidur, tapi masih banyak materi yang mengantri untuk dicerna. Untuk mengantisipasi rasa ngantuk peserta, Kak Margot mengajak CA bermain tebak-tebakan. Usai materi dari Kak margot dilanjutkan materi Penilaian oleh Kak Landung dan Kak Londang. Materi yang diajarkan juga disertai dengan praktik sehingga CA pun tidak merasa suntuk. Setelah itu dilanjutkan dengan makan, MCK, dan sembahyang. Ketika pemiliteran dimulai kembali, ada dua anak CA yang menangis, sepertinya mereka tidak kuat jalan jongkok lama-lama, “kaki pegel”. Tapi setelah itu mereka pulih kembali dan makan bersama dengan gembira.
Akhirnya sesi makan-makan dilanjutkan kembali dengan pemberian materi CJL oleh Kak Zein. CA banyak yang mulai mengantuk, Kak Zein menyapa mereka dengan salam “Halo” dan dibalas “Hai” oleh CA untuk memulihkan kesadaran peserta. Setelah selesai menerima materi, CA mengikuti unit test. Sebelum tidur, CA melaksanakan apel malam yang menjadi instruktur apel malam kali ini adalah Kak Budi. Apel malam berjalan dengan tenang, CA pun masih terlihat besemangat dalam mengikuti apel malam meskipun beberapa anak CA sudah mengantuk. Setelah melaksanakan apel malam, CA diberikan waktu persiapan untuk tidur selama 10 menit dan dipersilakan untuk tidur di ruangan masing-masing.

 Photobucket

Esok harinya – Minggu, 11 november 2012 kegiatan dimulai pada pukul 5 pagi dengan diadakannya Olah Tubuh yang dipimpin oleh Kak Bayu Arysico, CA dikumpulkan di lapangan sebelah GKU. Setelah 30 menit melaksanakan olah tubuh, CA melanjutkan dengan MCK dan sembahyang bersama yang dihandle oleh sie Upacara dan Upakara dan sarapan yang disiapkan oleh DU. Diadakan juga apel pagi yang dihandle oleh Korlap, seblumnya dilakukan gelada terlebih dahulu. Kak Wewe sebagai instruktur apel pagi kali ini. Setelah apel pagi selesai dilaksanakan, mereka mendapatkan materi PBB secara singkat.
Dengan warming up yang cukup memberi brain storming untuk CA, mereka kembali ke ruang materi dan mendapatkan materi KBBM dari Kak Budi. Selama pemberian materi CA terlihat antusias, namun karena waktu materi yang lumayan lama menyebabkan mereka merasa jenuh dan mengantuk. Untuk mengantisipasi hal tersebut Kak Budi meminta CA untuk bersiri melingkar dan menyerahkan kepada Sie. Diklat untuk menghandle ice breaking. Setelah itu dilanjutkan dengan materi COR oleh Kak Eka Gayatri. Selama materi, CA terlihat antusias dan bersemangat meskipun agak ngeri ketika melihat gambar-gambar contoh COR di slide Power Point. Perasaan ngantuk CA pun teratasi dengan praktik yang harus dilakukan oleh mereka secara berkelompok. Materi COR pun selesai, dilanjutkan dengan makan siang. Sebelum kelapangan, Kak Eka memberikan kesempatan bagi CA untuk mempersiapkan diri sebelum menuju ke lapangan. Mengingat kejadian makan siang kemarin yang lumayan militer bagi para CA, merekapun mulai tampak tegang. Namun Kak Eka akhirnya bisa mencairkan suasana dengan mengajak mereka mengambil nafas dalam-dalam, mengatur nafas adalah cara yang ampuh untuk menghilangkan tegang maupun grogi.
Photobucket
Akhirnya dalam hitungan 10 CA sudah harus berada di lapangan, ada Korlap Nari yang sudah menunggu disitu. Acara makan siang berlangsung seperti hari sebelumnya. setelah energy CA telah terisi, mereka melanjutkan dengan PBB. Setelah Nari memberikan instruksi, salah satu dari mereka diberikan kesempatan untuk menjadi pemimpin barisan. PBB berjalan dengan sukses, CA pun mengikuti kegiatan dengan senang dan antusias. Setelah itu mereka digiring memasuki ruangan dihandle oleh sie. Diklat. Tiba-tiba “alert”-peringatan terjadinya suatu kejadian. Korban berjatuhan dan situasi menjadi panic, CA diminta untuk menolong para korban, saat itu Suharto yang tiba-tiba jatuh tertimpa kursi mengalami COR, Kak Ara tiba-tiba pingsan dan ada juga korban yang lain. CA tampak panik dan agak kebingungan, mereka mulai melakukan penilaian, dan ada beberapa yang hanya menonton saja. Evaluasipun dilakukan demi membreafing CA untuk kegiatan berikutnya yang serupa, banyak hal yang harus mereka pahami dalam menghadapi kejadian serupa. ADTD yang kurang pas, pembagian tugas yang kurang baik dan lain-lain harus mereka benahi untuk kedepannya. Setelah itu langsung dilanjutkan dengan materi Pemindahan Penderita oleh Kak Daud. Setelah diberikan materi, mereka pun mendapatkan praktek. CA sangan atusias dalam menerima materi ini, terlebih ketika praktek dilaksanakan. Setelah selesai menerima materi pemindahan Penderita, mereka melanjutkan dengan MMCKS.
Akhirnya CA dikumpulkan kembali ke ruang materi untuk berkumpul bersama, mereka diperlihatkan dokumentasi kegiatan-kegiatan yang telah KSR-PMI Unit Undiksha telah laksanakan selama ini. Semua termasuk panitia menikmati kebersamaan senja itu, sambil mengomentari foto-foto yang ada. Hari ini sangat menyenangkan, saying satu orang CA ada yang mundur sehingga kini jumlah CA ada 25 orang. Setelah menonton foto-foto ini mereka ditanyakan mengenai kesiapan mereka untuk mengikuti Diklat selanjutnya yang akan segera dilaksanakan dua minggu kedepan. Kita pun memegang janji mereka bahwa mereka yang hadir hari ini aka nada sampai akhir diklat ini bersama-sama.( cherrie)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar