MUKER V UKM KSR-PMI UNIT UNDIKSHA TAHUN 2013



Musyawarah Kerja (Muker) adalah kegiatan yang paling dinanti-nantikan oleh sebagian besar pengurus organisasi yang akan lengser, termasuk pengurus UKM KSR-PMI UNIT UNDIKSHA Masa Bakti  2012-2013. Salah satu UKM di Undiksha ini, mengadakan pesta demokrasinya yakni Musyawarah Kerja V UKM KSR-PMI UNIT UNDIKSHA  di bulan Januari,
tepatnya 19, 20 dan 22 Januari 2013. Selain karena tradisi turun-temurun, muker dilaksanakan selama tiga hari dan tidak berturut-turut,  karena banyak agenda yang akan dibahas antara lain laporan pertanggungjawaban pengurus selama masa kerja dan  perevisian Pedoman Organisasi UKM KSR-PMI UNIT UNDIKSHA pada hari pertama, pemilihan komandan dan pengurus UKM KSR-PMI UNIT UNDIKSHA Masa Bakti 2013-2014 pada hari kedua, serta penyusunan program kerja  pengurus yang baru pada hari terakhir, sehingga tidak cukup hanya dalam sehari bisa menyelesaikan semua agenda tersebut.
Sidang I Musyawarah Kerja UKM KSR-PMI UNIT UNDIKSHA dilaksanakan pada tanggal 19 Januari 2013 yang bertempat di gedung seminar Undiksha. Agenda yang dibahas pada hari pertama ini adalah laporan pertanggungjawaban pengurus UKM KSR-PMI UNIT UNDIKSHA masa bhakti 2012-2013 serta pembahasan pedoman organisasi UKM KSR-PMI UNIT UNDIKSHA. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Markas PMI Cabang Buleleng. Sidang I ini dimulai pada pukul 08.00 WITA serta dihadiri oleh kepala markas PMI Buleleng, komandan KSR-PMI  Unit Universitas Panji Sakti, komandan KSR-PMI Unit Markas Cabang Buleleng, serta perwakilan dari MPM Undiksha. Sidang I ini, terdiri dari 3 sidang pleno dan 3 sidang paripurna. Sidang pleno I membahas susunan acara, tata tertib muker, serta pemilihan presidium sidang tetap, yang kemudian dilanjutkan dengan sidang paripurna I yang dipimpin oleh presidium sidang sementara. Setelah berkahirnya sidang paripurna I, sidang dilanjutkan dengan sidang pleno II dengan agenda laporan pertanggungjawaban pengurus UKM KSR-PMI UNIT UNDIKSHA periode 2012-2013.  Hal-hal yang telah dibahas pada sidang pleno II ini kemudian ditetapkan pada siang paripurna II yang dipimpin oleh presidium sidang tetap. Sidang paripurna II ini berakhir pada pukul 11.30 Wita yang dilanjutkan dengan makan siang dan presensi peserta sebelum beranjak ke sidang pleno III dan sidang paripurna III. Pada pukul 12.30 Wita, sidang pleno III dibuka dengan agenda pembahasan pedoman organisasi UKM KSR-PMI UNIT UNDIKSHA. Setelah berakhirnya sidang pleno III, sidang paripurna III pun dibukan untuk menetapkan hal-hal yang telah disepakati pada sidang pleno III. Sidang I di hari pertama ini ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan kepada pengurus UKM KSR-PMI UNIT UNDIKSHA masa bhakti 2012-20113 pada pukul 16.00 Wita.
20 Januari 2012 pada pukul 08.00 bertempat di gedung seminar Undiksha, sidang II Musyawarah Kerja UKM KSR-PMI UNIT UNDIKSHA dibuka. Sidang II ini beragendakan pembahasan criteria dan mekanisme komandan dan pengurus harian UKM KSR-PMI UNIT UNDIKSHA periode 2013-2014, pemilihan komandan dan pengurus harian UKM KSR-PMI UNIT UNDIKSHA. Sidang pleno I yang dipimpin oleh presidium sidang tetap dibuka pada pukul 08.00 Wita dengan agenda pembahasan criteria dan mekanisme komandan dan pengurus harian UKM KSR-PMI UNIT UNDIKSHA periode 2013-2014. Kesepakatan yang telah diambilpada sidang pleno I ini kemudian disahkan pada sidang paripurna I. selanjutnya adalah sidang pleno II pemilihan bakal calon komandan UKM KSR-PMI UNIT UNDIKSHA periode 2013-2014 dan kemudian ditutup dengan sidang paripurna II pada pukul 09.40 Wita. Kemudian, terpilihlah dua orang calon komandan, yaitu Wayan Meilani Suwardani dan I Gede Tantra. Kedua calon ini kemudian memberikan visi dan misi nya serta melakukan kampanye monologis dan dialogis. Selanjutnya dilaksanakan pemilihan komandan UKM KSR-PMI UNIT UNDIKSHA dengan melaksanakan musyawarah untuk mufakat. Akan tetapi musyawarh tersebut tidak mampu mencapai mufakat. Oleh karena itu, pemilihan dilanjutkan dengan jalan voting. Akhirnya, terpilihlah I Gede Tantra sebagai komandan UKM KSR-PMI UNIT UNDIKSHA periode 2013-2014. Terpilihnya I Gede Tantra sebagai komandan UKM KSR-PMI UNIT UNDIKSHA periode 2013-2014 ditetapkan di sidang paripurna III. Sebelum dilanjutkan dengan sidang selanjutnya, kegiatan diselingi dengan makan siang dan presensi panitia. Sidang pleno IV dibuka pada pukul 13.15 dengan agenda pemilihan pengurusa harian UKM KSR-PMI UNIT UNDIKSHA periode 2013-2014. Kemudian orang-orang yang terpilih menjadi pengurus harian  UKM KSR-PMI UNIT UNDIKSHA periode 2013-2014 disahkan dalam sidang paripurna IV. Sidang II ini ditutup pada pukul 15.30 dengan serah terima jabatan secara simbolis dari komandan UKM KSR-PMI UNIT UNDIKSHA periode 2012-2013 kepada komandan UKM KSR-PMI UNIT UNDIKSHA periode 2013-2014.
Sidang terakhir Musyawarah Kerja V UKM KSR-PMI UNIT UNDIKSHA, sidang III, dilaksanakan pada tanggal 22 Januari 2013. Sidang III ini hanya terdiri dari 1 sidang pleno dan 1 sidang paripurna dengan agenda pembahasan program kerja UKM KSR-PMI UNIT UNDIKSHA periode 2013-2014. Sidang III ini dimulai pada ppukul 08.00 wita sampai 11.00 wita. Dalam sidang III disepakati program – program yang akan dilaksanakan selama setahun kedepan. Sidang III ini sekaligus menutup kegiatan Musyawarah Kerja V UKM KSR –PMI UNIT UNDIKSHA yang ditutup secara resmi oleh komandan UKM KSR-PMI UNIT UNDIKSHA periode 2013-2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar