Latihan Gabungan KSR-PMI SE-BALI

 photo anigif-2_zps0a2ae1db.gif


Dalam rangka me-refresh serta meng-update materi kepalangmerahan serta praktek-prakteknya, KSR-PMI UNIT UNDIKSHA mengadakan Latihan Gabungan antar KSR-PMI. Latihan Gabungan atau LATGAB ini merupakan salah satu kegiatan tahunan yang telah dilaksanakan untuk ketiga kalinya. Namun berbeda dengan LATGAB dua tahun sebelumnya yang dilaksanakan dalam lingkup se-Buleleng, LATGAB kali ini ditingkatkan lingkupnya menjadi se-Bali. Dengan mengusung tema satukan langkah, rapatkan barisan, dan tingkatkan kualitas untuk kemanusiaan, kegiatan LATGAB kali ini diharapkan dapat mempererat kekeluargaan antar KSR dari seluruh penjuru Bali.


LATGAB KSR-PMI se-Bali yang dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu, 2 dan 3 maret 2013 di Gedung Kuliah PGSD, Kampus Tengah UNDIKSHA diikuti oleh keseluruhan 81 peserta dengan rincian peserta dari kota Denpasar sebanyak 24 orang, kabupaten Badung 8 orang, Kabupaten Buleleng 7 orang, Bangli 1 orang, Karangasem 1 orang, dan unit UNDIKSHA sendiri sebanyak 40 orang. Kegiatan LATGAB ini dibuka langsung oleh Bapak Pembantu Rektor 3 UNDIKSHA dan dihadiri pula oleh Ketua PMI dan Pengurus Bidang Relawan PMI Kabupaten Buleleng yang juga merupakan ketua TP2L, Sekretaris dan Pengurus PMI Kabupaten Badung, Pembina UKM KSR-PMI UNIT UNDIKSHA, Koordinator Forum Relawan se-Bali, serta ketua-ketua ormawa-ormawa di UNDIKSHA.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan pada LATGAB ini secara garis besar ada dua, yakni Materi dan Outbond. Pada sesi materi, ada 4 materi yang diulas yaitu Psychosocial Support Program (PSP), Perawatan Keluarga (PK), Disaster Management (DM), dan Pertolongan Pertama (PP). Seluruh pemateri yang ditunjuk langsung oleh PMI Bali ini, mulai dari pemateri PSP (Ni Luh Nariasih), PK (Cosmos), DM (Nyoman Budiadnyana), serta PP (Nyoman Budiadnyana dan Kurniawan) mendapat tepukan semangat dari para peserta prokprokprok prokprokprok prokprokprok wohoooo! Peserta LATGAB kali ini benar-benar kompak dan cetar. Materi-materi pun diterima dengan sangat antusias. Dari keempat materi tersebut, materi PSP cukup menarik perhatian karena materi ini tidak diajarkan dalam Diklat KSR Dasar. Materi DM pun tak kalah menarik. Meskipun materi DM ini sangat familiar bagi KSR, pengalaman-pengalaman keterlibatan KSR dalam berbagai bencana di Indonesia yang diceritakan menjadi bahan pelajaran yang berharga. Belum lagi materi PK dan PP ternyata telah mengalami beberapa pembaruan. Karena itu cukup banyak pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta sehingga sharing dan diskusi berlangsung sangat seru sampai-sampai pemateri harus membuka sesi diskusi tambahan diluar jam kelas.

Setelah seharian menambah, me-refresh, serta meng-update diri dengan materi-materi kepalangmerahan beserta praktik-praktiknya, kegiatan pada hari kedua diisi dengan outbond yang diselengarrakan di Sekolah Polisi Negara (SPN) Singaraja. Outbond kali ini dihandel langsung oleh tim dari SPN dengan jenis outbond yakni SAR darat dan air terbatas. Begitu sampai di SPN, semua peserta termasuk panitia merasa penasaran dengan SAR darat dan air seperti apa yang akan diberikan oleh para polisi SPN yang menyambut kami disana karena memang pelaksanaan outbond diserahkan sepenuhnya oleh panitia kepada tim dari SPN. Pertama-tama kami diajak menyusuri jalanan Singaraja, melewati pula persawahan dan rumah penduduk sampai pada akhirnya kami menemui sebuah sungai dan diminta untuk melewati sungai tersebut dengan bantuan seutas tali tambang. Alhasil seluruh peserta kebasahan. Setelah itu kami kembali menyusuri tepi pantai menuju kembali ke SPN. Begitu sampai, kami melakukan sharing materi dengan pelatih dari SPN mengenai PP SAR darat dan air, meliputi pengangkutan, RJP, pertolongan korban tenggelam, dsb. Setelah sharing kami melanjutkan dengan bermain permainan kecil bersama-sama dan selanjutnya berpamitan dari SPN.

Begitulah kegiatan LATGAB KSR-PMI yang mempertemukan KSR se-Bali ini berlangsung dengan cukup lancar selama 2 hari. Semoga peserta puas dengan kegiatan ini dan tahun depan kegiatan ini dapat ditingkatkan lagi, Terima kasih pada seluruh peserta yang telah berkenan hadir serta seluruh pihak yang telah membantu menyukseskan acara , Siamo Tutti Fratelli

3 komentar:

  1. boleh minta foto2nya gak??
    salam ksr kusuma mandala stikes wira medika

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya boleh,, tapi sulit upload kalo semuanya,,!! solusi..??

      Hapus
    2. kumpulan photo yang lengkap bisa di download disini https://www.box.com/s/licoaje53uhhdxq7l0tr :)

      Hapus