Orientasi Calon Anggota (OCA) Serangkaian DIKLATSAR XVIII


volunteer undiksha~ Tahun ini UKM KSR-PMI Unit UNDIKSHA kembali mengadakan perekrutan anggota baru. Sama seperti tahun sebelumnya, perekrutan anggota baru dimulai dengan pendaftaran dan pengumpulan form minat bakat oleh bakal calon anggota. Selanjutnya, dilaksanakan serangkaian Pendidikan dan Latihan Dasar (DIKLATSAR) XVIII yang dimulai dengan Orientasi Calon Anggota (OCA), 2kali Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) dan 3 hari Diklat Lapangan.
          Kegiatan pertama yaitu OCA dilaksanakan selama dua hari yaitu Sabtu-Minggu/5-6 Oktober bertempat di Gedung Kuliah Pendidikan Guru Sekolah Dasar (GK-PGSD). Kegiatan OCA hari pertama (Sabtu, 5 Oktober 2013) berlangsung dengan cukup sukses. Calon Anggota (CA) dikumpulkan pada pukul 12.30 WITA untuk melakukan presensi dan pengecekan perlengkapan yang dibawa. CA yang hadir pada hari pertama OCA adalah sebanyak 120 orang. Jumlah ini merupakan yang terbanyak jika dibandingkan dengan OCA di tahun-tahun sebelumnya.
          Setelah presensi, CA dikumpulkan di ruang belajar untuk mengikuti pembukaan OCA yang diisi dengan pengarahan dari Komandan UKM KSR-PMI Unit UNDIKSHA. Selanjutnya, dilakukan Bina Suasana Kelas yang dihandel oleh Kak Dwi Bayu Arisyco, dilanjutkan dengan pretest. Pada hari pertama OCA ini, CA mendapakatkan materi-materi yaitu materi Gerakan PM/BSM (Sejarah Gerakan dan Prinsip Dasar Gerakan) oleh Kak Margot dan juga materi Gerakan PM/BSM (Lambang Gerakan) oleh Nari. CA mengikuti seluruh materi dengan sangat antusias. Setelah mendapatkan materi, CA kemudian melakukan posttest untuk mengetahui ketercapaian materi yang telah mereka dapatkan. Seluruh kegiatan pada hari pertama diakhiri pada pukul 21.50, dimana seluruh panitia dan peserta menginap bersama di GK-PGSD.
          OCA hari kedua dimulai dengan olah tubuh pada pukul 05.30 yang dihandel oleh Kak Bayu Arisyco dan Sudarma. Setelah MCK dan sarapan bubur kc. Hijau, CA masuk ke ruang kelas dan mengikuti review materi untuk memantapkan materi yang telah diterima oleh calon anggota pada hari sebelumnya. Pada hari kedua diberikan materi Gerakan PM/BSM (HPI dan Kode Perilaku) oleh kak Margot, materi Kepemimpinan oleh Kak Gede Sandiasa. Pada hari kedua ini, seharusnya ada materi Kepemimpinan dalam bentuk outbond, namun dikarenakan cuaca yang tidak mendukung maka outbond diganti dengan penayangan video tentang kepemimpinan dan permainan di dalam ruangan. Walaupun tidak jadi outbond namun tidak mengurangi semangat CA untuk tetap mengikuti kegiatan. Setelah selesai melaksanakan permainan dalam ruangan, maka ditutuplah OCA dengan pengumuman-pengumuman yang dilanjutkan dengan penutupan secara ringkas oleh UKM KSR-PMI Unit UNDIKSHA. Dengan berakhirnya kegiatan OCA ini diharapkan mampu memberikan kesan yang baik kepada CA sehingga dapat mengikuti serangkaian DIKLATSAR XVIII selanjutnya dan diharapkan mampu Membentuk Kader Relawan Terlatih yang Sigap, Tanggap, dan Berkomitmen Berlandaskan 7 Prinsip Dasar Gerakan serta menjadikan UKMKSR-PMI menjadi semakin baik kedepannya.
Siamo Tutti Fratelli! (Humas DIKLATSAR XVIII)

1 komentar: