Persami 1 Serangkaian DIKLATSAR XVIII KSR-PMI Unit UNDIKSHA

volunteer undiksha

Kegiatan serangkaian Pendidikan dan Latihan Dasar (DIKLATSAR) XVIII yang diawali dengan Orientasi Calon Anggota (OCA) dilanjutkan dengan Persami I yang dilaksanakan pada Sabtu-Minggu, 9-10 November 2013 di Gedung Fakultas Olahraga dan Kesehatan (FOK) UNDIKSHA. Pada Persami I ini dilaksanakan pembukaan serangkaian DIKLATSAR di Lapangan Voli FOK UNDIKSHA. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Ibu Mestri selaku Pembina 2 UKM KSR-PMI Unit UNDIKSHA dengan melepaskan 18 buah balon.
Di hari pertama Persami 1 ini, Calon Anggota (CA) berkumpul pukul 06.00 WITA dimana jumlah CA yang mengikuti kegiatan Persami 1 adalah sebanyak 47 orang. Secara umum, acara pembukaan berlangsung dengan lancar dan tepat waktu. Setelah pembukaan selesai, dilanjutkan dengan bina suasana kelas dan pemberian materi. Pada hari pertama Persami 1 ini materi yang diberikan antara lain: 1) Pedoman Organisasi (PO) oleh Komandan UKM KSR-PMI, I Gede Tantra; 2) Dasar-dasar Pertolongan Pertama (PP) serta Anatomi dan Faal dari Kak Budi; 3) Donor Darah dari bu dr. Widiastuti; 4) Dasar Perawatan Keluarga (PK) serta PK dari Kak Anggia; 5) Penilaian dari Kak Budi; serta 6) Peran KSR dari Kak Arya Sudarsana. Walaupun ada beberapa CA yang harus meminta izin untuk mengikuti Ujian Tengah Semester (UTS) ataupun kegiatan HMJ yang mengikat namun tidak mengurangi antusiasme mereka untuk kembali lagi dan mengikuti materi secara lanjut. Kegiatan hari pertama berakhir dengan adanya apel malam dengan Kak Meilani sebagai instruktur upacara.
Di hari kedua Persami 1, kegiatan dimulai pukul 05.00 WITA dimana seluruh CA melaksanakan olah tubuh yang dihandle oleh Kak Sudarma. Setelah itu, CA melakukan MCK, sembahyang, dan sarapan pagi dengan bubur kacang hijau. Selanjutnya, dilaksanakan apel pagi dengan Kak Tantra sebagai instruktur upacara. Setelah melaksanakan apel pagi, CA masuk ke kelas untuk kembali menerima materi dan praktek tentang Cedera Jaringan Lunak (CJL) serta Perdarahan dan Syok oleh Kak Zein. Seluruh CA kembali mengikuti kegiatan dengan bersemangat.
Selanjutnya, CA berkumpul di lapangan untuk makan siang. Setelah mengisi energi, CA kembali ke kelas untuk mendapatkan materi pengantar manajemen bencana oleh Kak Pasek. CA tidak kelihatan mengantuk karena kak Pasek memberikan materi yang diselingi dengan humor ringan dan pemutaran video tentang bencana. Setelah materi usai, dilanjutkan dengan pemberian materi Dapur Umum (DU) dari Ibu Sudar. CA terlihat masih bersemangat walaupun ada beberapa yang terlihat lelah dan mengantuk.
Selama Persami ini selain menerima materi dan praktek tentang Kepalangmerahan, CA juga diajarkan tentang kebersamaan dan kepemimpinan. Selama dua hari, setiap kelompok secara bergantian mendapatkan tugas per kelompok meliputi tugas saat makan, saat di kelas, dan saat apel. Pada persami, CA menerima banyak materi di kelas sehingga mungkin beberapa CA merasa bosan namun semoga aja CA yang hadir pada Persami 1 ini tetap bertahan hingga nanti mengikuti Persami 2, Diklat Lapangan dan akhirnya resmi menjadi bagian dari keluarga besar KSR-PMI J
~Humasdok DIKLATSAR XVIII~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar