Persami 2 Serangkaian DIKLATSAR XVIII KSR-PMI Unit UNDIKSHA

volunteer undiksha

Kegiatan serangkaian Pendidikan dan Latihan Dasar (DIKLATSAR) XVIII KSR-PMI Unit UNDIKSHA dilanjutkan dengan kegiatan Persami 2 yang dilaksanakan pada Sabtu-Minggu, 16-17 November 2013 di Gedung Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UNDIKSHA. Pada hari pertama Persami 2, Calon Anggota (CA) dikumpulkan pukul 06.00 di openstage FIS. Jumlah CA yang hadir pada Hari Persami 2 adalah 36 orang. Jumlah ini mengalami penurunan dari sebelumnya pada persami 1 yaitu sebanyak 47 orang. Setelah melakukan presensi dan pengecekan barang bawaan, CA bersama dengan panitia melakukan persembahyangan bersama. Selanjutnya CA diarahkan untuk memasuki ruangan materi yang bertempat di ruang Seminar FIS.

Kegiatan di ruangan materi dimulai dengan bina suasana kelas oleh Kak Bayu Arysico, dilanjutkan dengan pemberian materi. Pada hari pertama persami 2 ini materi yag diberikan antara lain: 1) Bantuan Hidup Dasar (BHD) oleh kak Iman; 2) Luka bakar, kedaruratan, dan keracunan oleh Ibu Juni; 3) Pemindahan Penderita oleh kak Daud; 4) Cedera Otot Rangka (COR) oleh kak Arya Sudarsana; dan 5) Asessment oleh kak Budi. Pada hari pertama selain mendapatkan materi, CA juga diberikan praktek tentang materi yang diberikan. Seluruh CA mengikuti baik materi maupun praktek yang diberikan dengan baik dan bersemangat. Hari pertama persami 2 diakhiri dengan apel malam dimana kak Budi bertindak sebagai instrukturnya.
Esok harinya – Minggu, 17 November 2013 kegiatan dimulai pada pukul 05.00. Seluruh CA dikumpulkan di lapangan sepak bola UNDIKSHA untuk mengikuti olah tubuh yang dipimpin oleh kak Sudarma. Dilanjutkan dengan MCK, sembahyang bersama, dan apel pagi dengan Ketua Panitia DIKLATSAR XVIII-Rahayu Budiarta sebagai instrukturnya. Setelah apel pagi, CA kemudian sarapan dengan bubur kacang hijau untuk selanjutnya kembali ke ruang kelas untuk menerima materi.
Materi pertama pada hari kedua adalah lanjutan materi Asessment yang diberikan oleh kak Budi. CA dibagi menjadi tiga regu, diberikan sebuah kasus bencana, dan diminta untuk melakukan assessment. Seluruh CA melakukan praktek assessment dengan semangat walaupun tidak sedikit yang masih mengalami kebingungan. Setelah praktek assessment, dilanjutkan dengan praktek penilaian oleh kak Budi yang dibantu beberapa orang panitia.
Materi selanjutnya adalah kesehatan remaja yang dibawakan oleh kak Meilani dan kak Armini. CA mengikuti materi dengan baik walaupun beberapa terlihat lelah dan mengantuk. Setelah selesai menerima materi kesehatan remaja, selanjutnya CA ke lapangan untuk makan siang dan kemudian mengikuti materi Pelatihan Baris-Berbaris (PBB) dari kak Nari. PBB berjalan dengan sukses, dimana CA mengikuti kegiatan dengan senang dan antusias walaupun panas matahari menyengat. Setelah beristirahat sebentar, CA kembali memasuki ruangan untuk mengikuti materi Pengantar Disaster Management (DM) dari kak Pasek, yang dilanjutkan dengan materi Kepemimpinan oleh kak Nari. Kegiatan persami 2 diakhiri dengan diberikannya pengumuman-pengumuman untuk kegiatan Diklat Lapangan yang akan dilaksanakan pada tgl 29,30 November, dan 1 Desember.
Selama Persami 2 ini, kebersamaan CA semakin meningkat. Bisa dilihat pada saat pembagian makanan, saat materi dan praktek di kelas, juga saat di lapangan. Pada persami 2, CA terlihat lebih senang dan menikmati kegiatan karena selain mendapatkan materi, mereka juga mendapatkan praktek untuk memantapkan materi mereka. Semoga saja setelah mengikuti Persami 2, ke 36 CA yang hadir pada Persami 2 ini lebih mantap keinginannya untuk tetap bertahan setahap lagi mengikuti Diklat Lapangan selama 3 hari sehingga akhirnya resmi menjadi bagian dari keluarga besar KSR-PMI J
Humasdok DIKLATSAR XVIII~

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar