Orientasi Calon Anggota (OCA) Serangkaian DIKLATSAR XIX UKM-KSR PMI UNIT UNDIKSHA







       Volunteer UNDIKSHA --- Tahun ini UKM KSR-PMI Unit UNDIKSHA kembali mengadakan perekrutan anggota baru. Berbeda dengan tahun sebelumnya, perekrutan anggota baru sekarang dimulai dengan pendaftaran dan pengumpulan form minat bakat oleh bakal calon anggota. Selanjutnya, dilaksanakan tes wawancara dan dilaksanakan serangkaian Pendidikan dan Latihan Dasar (DIKLATSAR) XIX yang dimulai dengan Orientasi Calon Anggota (OCA), 2kali Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) dan 3 hari Diklat Lapangan.
          Kegiatan pertama yaitu OCA dilaksanakan selama dua hari yaitu Sabtu-Minggu/11-12 Oktober bertempat di Gedung Kuliah Pendidikan Guru Sekolah Dasar (GK-PGSD) L.3. Kegiatan OCA hari pertama (Sabtu, 11 Oktober 2014) berlangsung dengan cukup sukses. Calon Anggota (CA) dikumpulkan pada pukul 12.30 WITA untuk melakukan presensi dan pengecekan perlengkapan yang  dibawa selama 60 menit. CA yang hadir pada hari pertama OCA adalah sebanyak 81 orang. Jumlah ini menunjukkan konsistensi KSR-PMI unit UNDIKSHA dalam merekrut calon anggota
          Setelah presensi, CA dikumpulkan di ruang materi untuk mengikuti bina suasana kelas yang diisi ole kak april., dilanjutkan dengan pretest. Pada hari pertama OCA, CA mendapakatkan materi-materi yaitu materi Gerakan PM/BSM (Sejarah Gerakan dan Prinsip Dasar Gerakan) oleh Kak Margot, materi kepemimpinan oleh Gede Sandiasa dan materi Gerakan PM/BSM (Lambang Gerakan) oleh kak nari. CA mengikuti seluruh materi dengan sangat antusias. Setelah mendapatkan materi, CA kemudian melakukan posttest untuk mengetahui ketercapaian materi yang telah mereka dapatkan. Seluruh kegiatan pada hari pertama diakhiri pada pukul 22.15, dimana seluruh panitia dan peserta menginap bersama di GK-PGSD.
          OCA hari kedua dimulai dengan olah tubuh pada pukul 05.30 yang dihandel oleh Kak Gede Tantra dan dilanjutkan untuk melaksanakan MCK , sembahyang dan sarapan bubur kc. Hijau, setelah itu CA diarahkan untuk masuk ruang materi dan mengikuti review materi untuk memantapkan materi yang telah diterima oleh calon anggota pada hari sebelumnya. Pada hari kedua diberikan materi Gerakan PM/BSM (Prinsip dasar gerakan), materi HPI  dan kode prilaku yang semuanya itu di isi oleh kak margot. Khusus hari kedua, ada materi Kepemimpinan dalam bentuk outbond, Outbond kali ini di isi oleh kak bayu. Outbond dilaksanakan di lapangan sepak bola undiksha dengan 3 game yang sangat menyenangkan dan memberikan kesan yang menarik bagi CA, disamping itu juga menumbuhkan kembali semangat yang sudah lama hilang karena 2 hari mendengarkan materi tanpa adanya permainan. Dengan berakhirnya kegiatan OCA ini diharapkan mampu memberikan kesan yang baik serta semangat kepada CA sehingga dapat mengikuti serangkaian acara DIKLATSAR XIX selanjutnya dan diharapkan mampu Membentuk Kader Relawan Terlatih yang Sigap, Tanggap, Bertanggung jawab serta Berkomitmen Berlandaskan 7 Prinsip Dasar Gerakan serta menjadikan UKM KSR-PMI UNIT UNDIKSHA menjadi semakin baik dan semakin dikenal dalam masyarakat.
Siamo Tutti Fratelli! (Pubdekdok DIKLATSAR XIX)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar