LATGAB KSR-PMI UNDIKSHA 2015







volunteer undiksha- Dalam rangka me-refresh serta meng-update materi kepalangmerahan serta praktek-prakteknya, KSR-PMI UNIT UNDIKSHA mengadakan Latihan Gabungan antar KSR-PMI. Latihan Gabungan atau LATGAB ini merupakan salah satu kegiatan tahunan yang telah dilaksanakan untuk ketiga kalinya. Namun berbeda dengan LATGAB sebelumnya yang dilaksanakan dalam lingkup se-Buleleng, LATGAB kali ini  ditingkatkan lingkupnya menjadi se-Bali. Dengan mengusung tema “ Selaraskan Langkah, Satukan Prinsip dan Tingkatkan Rasa Persaudaraan pada Kemanusiaan dalam  Pengabdian”, kegiatan LATGAB kali ini diharapkan dapat mempererat kekeluargaan antar KSR dari seluruh penjuru Bali.
LATGAB KSR-PMI se-Bali yang dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu, 14 dan 15 Maret 2015 di Ruang Teater , Kampus Bawah UNDIKSHA diikuti oleh keseluruhan 65 peserta dengan rincian peserta dari KSR-PMI Udayana sebanyak 5 orang, KSR-PMI GD UNMAS Denpasar sebanyak 4 orang, KSR-PMI UNIT STIKI sebanyak 7 orang, KSR-PMI GB UNWAR sebanyak 14 orang, KSRPMI UNIT PNB sebanyak 3 orang, KSR-PMI WB STIKOM sebanyak 5 orang, KSR-PMI KUSUMA MANDALA sebanyak 5 orang, KSR-PMI UNIT Markas Buleleng sebanyak 4 orang, KSR-PMI POLTEKES DENPASAR banyak 13 orang dan KSR-PMI STIKES Buleleng sebanyak 5 orange. Kegiatan LATGAB ini dibuka langsung oleh Bapak Pembantu Rektor 3 UNDIKSHA dan dihadiri pula oleh Ketua PMI dan Pengurus Bidang Relawan PMI Kabupaten Buleleng, Pembina UKM KSR-PMI UNIT UNDIKSHA, Koordinator Forum Relawan se-Bali, serta ketua-ketua ormawa-ormawa di UNDIKSHA.
Adapun kegiatan yang dilaksanakan pada LATGAB ini secara garis besar ada dua, yakni Materi dan Outbond. Pada sesi materi, ada 3 materi yang diulas yaitu PP (Pemindahan Korban yang dibawakan pemateri oleh Sy, Zein Maulana, I Kt Sassu Budi Satwam dan Kt ARya Sudarsana, PP (BHD dan RJP) yang dibawakan oleh pemateri I Kt Sassu Budi Satwam  dan Pengantar Tanggap Darurat yang dibawakan oleh pemateri I Nym Budiadnyana. Ketiga materi tersebut mendapat tepukan semangat dari para peserta . Pprokprok prokprok prokprok prokprok prok wohoooo! Begitulah suaranya.  Peserta LATGAB kali ini benar-benar kompak dan cetar. Materi-materi pun diterima dengan sangat  antusias oleh peserta karena bisa dilihat dari interaksi antar peserta dan pemateri yang terjadi sangat baik yaitu ketika peserta mempresentasikan materi yang mereka diskusikan secara berkelompok. Dan juga cukup banyak pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta sehingga sharing dan diskusi berlangsung sangat seru.
                        Cuaca yang tidak mendukung pada malam harinya disertai hujan yang turun cukup deras dan suara petir yang cukup besar sehingga peserta tidak bisa melaksanakan api unggun di luar ruangan . Namun suasana tersebut tidak melunturkan semangat dari peserta masing-masing unit yang akan menampilkan spontanitas mereka . Keseruan pun melanda di dalam ruangan yang hanya diterangi oleh beberapa lilin yang terkesan hangat. Penampilan spontanitas peserta mulai dari tarian lucu dan unik , lantunan lagu yang diiringi dengan gitar, salto , serta flashmob panitia dan peserta menghidupkan suasana yang tadinya cukup melelahkan menjadi seru dan bergairah. Tak terasa hingga jam pun sudah menunjukkan pukul 22.30 dan saatnya peserta untuk pergi ke pulau kapuk .
Setelah seharian menambah, me-refresh, serta  meng-update diri dengan materi-materi kepalangmerahan beserta praktik-praktiknya, kegiatan pada hari kedua diisi dengan outbond yang bertempat di Lapangan Santiago di Kampus Tengah UNDIKSHA . Outbond kali ini dihandel oleh panitia dengan jumlah 7 pos yang dijalankan oleh masing-masing 1 kelompok dalam permainan dengan jangka waktu yang telah ditentukan . Ketika waktu sudah habis, kelompok yang satu akan menuju ke pos selanjutnya begitu seterusnya . Selesai outbond, peserta dan panitia berjalan kaki menuju ke Kampus Bawah UNDIKSHA. Sesampainya disana mereka disambut dengan kesegaran minuman dingin yang mampu melepaskan dahaga setelah lelah berjalan sebelumnya. Setelah dirasa sudah siap maka acara yang terakhir yaitu penutupan pun dilaksanakan dengan tenang dan ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan serta sesi foto bersama.
Begitulah kegiatan LATGAB KSR-PMI yang mempertemukan KSR se-Bali ini berlangsung dengan cukup lancar selama 2 hari. Semoga peserta puas dengan kegiatan ini dan untuk tahun depan kegiatan ini dapat ditingkatkan lagi. Terimakasih pada seluruh peserta yang telah berkenan hadir serta seluruh pihak yang telah membantu menyukseskan acara ini ,Siamo Tutti Fratelli … 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar