Pelatihan Pertolongan Pertama

DAY 2


 Masih di Pelatihan Pertolongan Pertama Se-Buleleng yang diselenggarakan oleh UKM KSR –PMI UNIT UNDISKHA. Pada hari kedua, 24 Januari 2016 kegiatan ini diawali dengan  pemaparkan review materi BAB 1 (Teori) dan BAB 2 (Teori) oleh kelompok 4 pada pukul 07.40-07.50 WITA kemudian dilanjutkan oleh Kelompok 1 dengan mempresentasikan hasil evaluasi.
Pukul 08.00 Kelompok 2 menjadi MOD dengan memberikan senam relaksasi dan tepuk terong kepada peserta. Pada pukul 08.50 WITA pemateri I Ketut Sassu Budi Satwam memberikan materi BAB 3 (teori) tentang penilaian. Pemateri memulai  dengan memberikan materi mengenai
pertolongan pertama yaitu penilaian dengan metode presentasi dalam bentuk power point, menariknya Pemateri memberikan permainan berupa membentuk lingkaran untuk peserta dilanjutkan dengan permainan Seven Creet. Peserta dan Pemateri sangat menikmati permainan karena sangat menguji konsentrasi dan menggunakan metode setiap memulai permainan harus melepaskan aksesoris yang dipakai peserta sehingga semua tertawa saat permainan berlangsung,setelah itu pemateri melanjutkan materi.
            Pada pukul 09.20 WITA dilanjutkan dengan praktik BAB 3 yang dilakukan oleh Budi Adnyana sebagai Pelaku Pertolongan Pertama dengan CokAgung Indra Putra Mahardika sebagai korban. Praktik dilakukan dengan membagi peserta menjadi 2 kelompok yaitu kelompok putri dan kelompok putra dengan 2 POS.  Untuk  Pos Pemeriksaan Fisik yaitu kelompok putri yang dipandu oleh Sassu Budi Satwam bertempat di Kamar tidur peserta putri dan Pos Pemeriksaan tanda vital yaitu kelompok putra yang dipandu oleh Budi Adnyana bertempat di ruang materi. Praktik dilaksanakan bergantian di setiap pos. Setelah pemateri selesai memberi peragaan praktik. Kemudian peserta dengan pasangannya diminta untuk mempraktikan apa yang diperagakan pemateri sebelumnya. Setelah itu dilanjutkan dengan istirahat. 
Pukul 11.50-14.50 WITA dilakukan Penilaian Fisik dengan Form Penilaian Tanda Vital oleh Sassu Budi Satwam dan Budi Adnyana. Masing-masing peserta secara individual melaksanakan test praktik pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tanda vital. Setelah jam makan siang berakhir dilanjutkan dengan evalusi tes praktik yang dilakukan oleh Pemateri I Ketut Sassu Budi Satwam Pemateri memberi masukan terhadap praktik yang telah dilakukan peserta saat test pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tanda vital. Pukul 15.10-15.15 WITA Kelompok  2 memberikan MOD, dengan memberi peserta lainnya permainan salah-benar.
Setelah itu dilanjutkan dengan pemberian materi BAB 4 yang berupa sebuah teori tentang bantuan hidup dasar dan resusitasi jantung paru yang dibawakan oleh pemateri I Nyoman Budi Adnyana. Saat penyampaian materi, pemateri berinteraksi dengan peserta agar materi tersampaikan dengan baik ke peserta dengan melakukan Tanya jawab.
Pada pukul 16.45 WITA dilakukan praktik oleh I Nyoman Budi Adnyana, I Ketut Sassu Budi Satwam dan Kadek Sumardika, S.Sos.  Pada praktik ini peserta dibagi menjadi 3 kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 6 orang peserta. Kelompok pertama menempati pos 1 yaitu di ruang materi dengan materi sumbatan jalan napas orang dewasa yang di-handle oleh kak Budi. Kelompok kedua menempati pos 2 dengan materi RJP untuk bayi dan anak yang di-handle oleh kak Sasu. Sedangkan, kelompok ketiga menempati pos 3 dengan materi sumbatan jalan napas bayi yang di-handle oleh kak Rarung. Pukul 19.30-21.00 WITA dilaksanan tes praktik BAB 4 oleh  I Nyoman Budi Adnyana, I Ketut Sassu Budi Satwam dan Kadek Sumardika, S.Sos. Pemateri membagi peserta menjadi 3 kelompok yang terdiri dari 6 orang. Akan diadakan test praktik RJP dewasa di 3 POS, yaitu di ruang pemateri yang dinilai oleh Budi Adnyana, di ruang tidur putri yang dinilai oleh Sassu Budi Satwam dan di ruang tidur putra dinilai oleh Sumardika. Masing – masing peserta masuk keruangan secara individual.  Jika peserta remidi maka peserta harus mengulang lagi test praktik tersebut di POS  lainnya. Kegiatan hari ke-dua diakhiri dengan review materi oleh kak Budi Adnyana dan pengisian Form Evaluasi Harian oleh peserta dari  pukul 21.00-21.10 WITA.
Semangat Peserta Pelatihan Pertolongan Pertama 
Humasdok Pelatihan PP 2016 :)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar