Pelatihan Pertolongan Pertama

DAY 5



Masih di Pelatihan Pertolongan Pertama Se-Buleleng yang diselenggarakan oleh UKM KSR –PMI UNIT UNDISKHA. Sekarang sudah memasuki hari kelima 27 Januari 2016. Seperti  biasanya  pada jam 06.00 diawali dengan MCK, sembahyang dan sarapan pagi. Setelah itu dilakukan review materi oleh  kelompok yang bertugas menjadi kelompok yang mereview materi kemarin yaitu RJP AED,  Oksigen Terapi, BAB 11 (Kedaruratan Medis), dan BAB 12 (Keracunan) dan kemudian dilanjutkan  dengan evaluasi harian yang direspon sendiri oleh  Ketua Panitia. Serta agar peserta lebih refresh mereka melakukan MOD. Pukul 08.00 WITA peserta melakukan persiapan pembelajaran oleh  Pemateri I Nyoman Budianyana dengan merubah posisi duduk agar setiap harinya mempunyai suasana yang berbeda dan bisa bekerjasama dengan teman – teman yang lain. Pukul 08.50 WITA  melakukan group persentasi yang diawali oleh kelompok 1 dengan penguji Eko Wardani Dan I Nyoman Budiadnyana. Lalu pada pukul 08.10-08.25 WITA setiap kelompok melakukan simulasi  dengan urutan tampil dari kelompok 3,1,2. Semua tim telah mempersiapkan skenario kejadian dan mempersiapkan alat. Selain itu mereka juga berperan  sendiri dalam skenario yang mereka buat, ada yang sebagai korban, dan  ada yang sebagai penolong.

Pukul 09.10 -09.50 WITA dilakukan evaluasi Group Persentasi oleh Eko Wardani dan I Nyoman Budiadnyana. Keseluruhan kelompok mendapatkan masukan dari masing-masing pemateri karena kekurangan yang dibuat setiap kelompok. Pukul 10.05-11.30 WITA peserta menerima BAB 8 yang berupa teori dengan pembelajaran cedera kepala, tulang belakang, leher dan dada, yang diajarkan oleh pemateri Eko Wardani. Dalam penyampaian materi, pemateri berkomunikasi dengan peserta sehingga timbul Tanya jawa dalam penyampaian materi. Peserta sangat serius dalam mendengarkan materi karena materi yang disampaikan akan diimbangi dengan praktik penanganan dalam materi BAB 8 ini. Kemudian dilanjutkan dengan praktik BAB 8 yang diajarkan  oleh pemateri I Nyomann Budiadnyana dalam pengajarannya peserta dikenalkan  Caller Neck dan praktik penggunaan Caller neck yang di sampaikan oleh kak Budi dan mas Eko. Tidak hanya caller neck, disampaikan juga Penanganan Cidera Pada Dada.
Pukul 13.40-15.05 WITA peserta melanjutkan praktik BAB 8 yang tadi tertunda dengan topik pertolongan   Menstabilkan Korban ke Long Spinal dan disampaikan oleh pemateri Eko Wardani, I Nyoman Budi Adnyana dan Dwi Bayu Arysico. Di sana peserta diajaran pengenalan dan Penjelasan mengenai penggunaan Papan Long Spinal, pengenalan dan penjelasan penggunaan HIS, cara mengaitkan HIS dengan papan Long Spinal dan penjelasan mengenai penolong, pemateri Eko Wardani menambahkan materi penjelasan lanjut tentang Caller Neck. Setelah Waktu menunjukan pukul 15.50 WITA peserta kembali menerima materi BAB 9 tentang Luka Bakar yang disampaikan oleh pematei Eko Wardani  dan diselingi oleh sesi pertanyaan. Setelah itu dilanjutkan dengan pemberian materi BAB 10 oleh I Nyoman Budi Adnyana  dengan topik pemindaan penderita, selain itu peserta juga diberikan sesi taya jawab.
Pukul 16.45- 19.15 WITA dilakukan praktik BAB 10  tentang pemindahan penderita  oleh pemateri I Nyoman Budi Adnyana dan Eko Wardani. Peserta mempraktikan bagaimana cara pemindahan penderita dengan baik serta pada akhir sesi diisi dengan sesi taya jawab. Pukul 19.15 WITA peserta melakukan MCK, makan malam dan sembahyang. Lalu   pukul 20.00-20.20 WITA Peserta merapikan alat-alat yang sebelumnya digunakan untuk praktik pemindahan penderita. Selanjutnya Budiadnyana memberikan arahan kepada peserta tentang apa yang harus dipersiapkan untuk kegiatan besok dan mengingatkan tentang materi yang akan didapatkan besok selanjutnya dillakukan Evaluasi harian dan Pukul 20.25 WITA peserta mulai istirahat malam.
TETAP SEMANGAT PESERTA PELATIHAN  PP :)
Humasdok Pelatihan PP 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar