Pelatihan Pertolongan Pertama

DAY 4



 Masih di Pelatihan Pertolongan Pertama Se-Buleleng yang diselenggarakan oleh UKM KSR –PMI UNIT UNDISKHA. Pada hari ke-empat 26 Januari 2016  masih genap 18 orang, kegiatan ini masih berjalan dengan baik sesuai harapan. Untuk mengawali kegiatan pada pukul 06.00-07.50 peseta melaksanakan MCK, sembahyang, dan sarapan dan setelah itu selama 5 menit timMOD dari kelompok 1 memberikan permainan. Lalu pada pukul 07.55-08.10  WITA kelompok yang tadinya memberikan MOD melanjutkan review materi BAB 5, sedangkan kelompok 2 memaparkan matei BAB 7 dan kelompok 3 memaparkan materi BAB 6   secara lisan.
Pukul 08.10 WITA kelompok 4 mempersentasikan  evaluasi kegiatan pada hari ketiga  kemudin evaluasi tersebut ditanggapi oleh pemateri I Nyoman Budi Adnyana 20 menit berlalu dan kemudin dilanjutkan degan unit test, peserta mengerjakan unit test di luar ruangan materi selama 15 menit yang di-handle oleh pemateri I Nyoman Budi Adnyana. Pada pukul 08.45 WITA peserta melakukan praktik BAB 4 yang ditangani oleh pemateri Eko Wardani kasus yang ditangani adalah bagaimana menangani bayi yang tersedak hingga pukul 10.20 WITA selanjutnya peserta diberi istirahat selama 15 menit, setelah istirahat usai peserta melanjutkan menerima materi berupa teori tentaang RJP AED yang diajarkan oleh pemateri Eko Wardani, pemteri juga memberikan sesi Tanya jawab agar para peserta benar-benr memahami materi yang diberikan.
Disela istirahat makan siang, tiba-tiba pemateri memberikan simulasi ada korban yang membutuhkan pertolongan RJP.  Peserta seketika datang ke tempat kejadian. Yang melakukan penanganan adalah Kelompok 3 yaitu Febriani, Agus Arya, Pirman dan Maya, setelah itu dilakukan evaluasi penanganan oleh kelmmpok ain dan pemateri. Pukul 13.25-13.45 WITA pemateri Eko Wardani memberikan materi pengantar Oksigen setelah itu dilanjutkan dengan sesi Tanya jawab, setelah sesi taya jawab selesai peserta diberikan teori lagi tentang Terapi Oksigen dan pada materi ini juga diberrikan sesi tanya oleh pemateri yang sama Selanjutnya pukul 15.00 diberikan materi praktik oleh pemateri Eko Wardani, dan I Nyoman Budiadnyana. Setelah selesai pemberian materi dilanjutkan dengan break sore, dimana saat itu seluruh peserta dapat menikmati kudapan seperti teh, kopi, dan jajan yang disediakan panitia.
Pada pukul 16.00 WITApeserta kembali lagi ke ruang materi untuk menerima materi kedaruratan medis BAB 11 dari pemate ri Eko Wardani dan pemateri juga memberikan sesi Tanya jawab kepada peserta. Lalu pada pukul 17.35-19.00 WITA seluruh peserta membersihkan tubuhnya dengan mandi, dan setelah itu dilanjutkan dengn sembahyang dan makan malam. Di sela – sela pukul istirahat, ada beberapa peserta yang siap untuk mengambil nilai test praktik sumbatan jalan nafas pada orang dewasa. Peserta secara individual memperagakan teknis praktik sumbatan jalan nafas dewasa pada penguji yaitu Budiadnyana.
Pukul 19.00-19.20 WITA peserta menerim materi lagi masih dengan pemateri yag sama dan  di BAB 11 namun disini membahas materi kedaruratan medis  .Setelah   itu dilanjutkan dengan BAB 12 tentaang Keracunan dan pematerinya adala Eko Wardani. Pukul 20.00 WITA peserta diberi penugasan oleh pemateri I Nyoman Budiadnyana  untuk presentasi kelompok. Setiap kelompok diberikan waktu selama 1 menit untuk mencermati tugas yang diberikan. Setelah itu, Budiadnyana memberikan penjelasan dan peserta mulai melakukan tanya jawab mengenai tugas yang diberikan. Setelah itu Eko Wardani menambahkan penjelasan dari Budiadnyana.Pada pukul 20.15 WITA  peserta mengisi evaluasi harian.
Pukul 20.20 WITA Peserta diberi waktu untuk menyiapkan skenario kejadian beserta alat yang akan digunakan untuk kegiatan penugasan besok. Di sela – sela menyiapkan alat untuk besok, ada beberapa peserta yang belum mengambil nilai test praktik sumbatan nafas dewasa yang dinilai oleh Budianyana. Disisi lain peserta yang remidi Unit Test 2 mengerjakan soal Unit Test 2 lagi. Sebagai penutup pukul 21.30  WITA seluruh peserta istirahat. 
Semangat Peserta Pelatihan Pertolongan Pertama 
Humasdok Pelatihan PP 2016 :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar