DIKLATSAR XXI



PERSAMI SATU

                        Kegiatan serangkaian pendidikan dan pelatihan dasar (DIKLATSAR) ke-21 yang diselenggarakan oleh UKM KSR-PMI UNIT UNDIKSHA. Kegiatan ini diawali dengan kegiatan persami satu yang dilaksanakan dari hari Sabtu-Minggu pada tanggal 8-9 Oktober 2016, yang bertempatan di Gedung Seminar Universitas Pendidikan Ganesha (GSU).

                          Pada hari pertama, Sabtu, 8 Oktober 2016 calon anggota dikumpulkan di Puskom  UNDIKSHA dari pukul 05.00 untuk pengecekan perlengkapan yang dilakukan oleh panitia. Setelah itu calon anggota diarahkan ke GSU untuk menaruh perlengkapan yang mereka bawa serta mereka langsung diarahkan ke ruang materi untuk persiapan upacara pembukaan.


                        Tepat pukul 07.00 upacara pembukaan dimulai yang diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia raya, Mars PMI, dan Mars UNDIKSHA, dilanjutkan dengan pembacaan doa serta sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Ketua Panitia DIKLATSAR ke-21 yaitu  Putu Feny Kharisma Dewi. Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Rektor 3 sebagai perwakilan dari Rektor yaitu Bapak Dr. I Gusti Ngurah Pujawan, M.Kes. Pembukaan ditandai dengan pemotongan pita oleh Bapak Wakil Rektor 3 dan dilanjutkan penyematan nametag peserta oleh Bapak Wakil Rektor 3.

              Pukul 07.45  dilakukan bina suasana kelas setelah itu dilanjutkan dengan pretest hingga pukul 09.15, selanjutnya yaitu pemberian materi  tentang Pengenalan UKM yang dilakukan oleh Ketua UKM dan Ketua Panitia hingga pukul  12.15 lalu dilanjutkan dengan istirahat. Setelah itu pemberian materi Prinsif Dasar Gerakan oleh Made Mahendra Gautama serta materi Sejarah Gerakan dan Lambang Gerakan.

               Pukul 17.30 – 18.30 waktunya istirahat dan dilanjutkan dengan pemberian materi PMI oleh Made Mahendra Gautama  hingga pukul 20.45. Pukul 20.45 – 21.30 pemberian materi  lagi untuk CA oleh  Dwi Bayu Arysico. Setelah itu para CA mengisi form kesan dan pesan  hingga pukul  22.00, dan mulai pukul 22.00-05.00 waktunya CA untuk istirahat.

                  Minggu, 9 Oktober 2016 merupakan hari ke-2 dalam kegiatan persami satu. Masih dengan tempat yang sama yaitu GSU. Pada pukul 05.00 CA melakukan olah tubuh dan MCK setelah itu dilakukan persembahyangan bersama lalu CA berkumpul dilapangan membentuk lingkaran untuk sarapan pagi. Dan selanjutnya CA diarahkan ke ruang materi untuk melaksanakan unit tes.

                    Pukul 07.00-08.30 pemberian materi kepada CA tentang Kode Perilaku yang dilakukan oleh I Nyoman Budiadnyana. Dilanjutkan pemberian materi oleh Eka Gayatri tentang HPI hingga pukul 11.30. Setelah itu CA istirahat dan makan siang. Pukul 12.15 CA kembali menerima materi dari Arya Sudarsana tentang Peran KSR.

                   Pukul 13.00-15.15 CA mendapatkan materi tentang Donor Darah dari  dari Winda dan materi terakhir yang CA dapatkan pada persami satu adalah Pengantar DM`dari Kadek Sudarmika selesai hingga pukul 16.45, Setelahnya CA diberikan waktu untuk mempersiapkan kepulangannya seperti, bersih-bersih tempat tidur dan menata perlengkapan yang dibawa oleh CA.  Acara bebas, CA diarahkan ke lapangan dan melakukan foto bersama dengan panitia, selanjutnya CA diperbolehkan untuk pulang ke rumah masing-masing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar