DIKLATSAR XXI



DIKLATSAR  (Pelatihan dan Pendidikan Dasar ) XXI
UKM KSR-PMI Unit Undiksha
             DIKLATSAR XXI yang diselenggarakan oleh KSR –PMI Unit Undiksha dilaksanakan di Yayasan  Dana Punia, Banyuning Singaraja. Kegiatan Diklat ini dimulai dari hari Jumat hingga hari Minggu tanggal 10-12 November 2016.
           Pada hari pertama para peserta dikumpulkan di Puskom  Undiksha  pada pukul 04.00 untuk registrasi setelah registrasi CA langsung bergerak menuju Yayasan Dana Punia, lalu CA diarahkan kr ruang materi dan menerima materi RFL oleh Made Pasek Yasa, S.sos pada pukul 07.00-10.45. Setelahnya dilanjutkan dengan materi Triage  yang dibawakan oleh Kadek Sumardika hingga pukul 12.15. Lalu selanjutnya CA makan siang .
Pukul 13.00 -14.30 CA yang dihandel oleh korlap 1 dan 2 melakukan kegiatan PBB, selanjutnya dilanjutkan dengan pemberian materi Logistik yang diberikan oleh pemateri Dwi Bayu Arysico hingga pukul 17.30. Setelah itu CA diarahkan untuk mandi, sembahyang, dan makan .
Pukul 18.30 CA diarahkan  ke ruang materi lagi untuk menerima materi KBBM dari Nyoman Budiadnyana hingga jam 21.30. Setelahnya dilanjutkan dengan unit Test . Pukul 22.00 CA dibolehkan untuk istirahat agar besok bisa mengikuti kegiatan lainnya.
          Pada hari ke-2  Sabtu tanggal 11 Novermber 2016, tepat pukul 05.00 CA sudah dibangunkan  serta langsung mengikuti Olah Tubuh yang dihandel  oleh Korlap, setelahnya CA diarahkan untuk mandi, sembahyang dan sarapan. Pukul  07.00- 09.15 CA mendapatkan materi perawatan keluarga dari pemateri Eka Gayatri dan Kadek Kumara Yasa.  Selanjutnya dilanjutkan dengan materi  Evaluasi PP yang diberikan oleh pemateri Nyoman Budiadnyana beserta dengan teamnya Pukul 12.15 CA mendapatkan makan siang dengan menu yang berbeda dari biasanya, menunya yaitu Nasi ceria.
Pukul 13,00 CA diarahkan untuk melanjutkan materi Evaluasi PP, dan masih dengan pemateri yang sama. Jam 14,30 CA mendapatkan materi tentang Shelter yang diberikan oleh pemateri Kadek Sutanaya hingga pukul 17.30. Setelah itu CA diarahkan untuk  mandi, sembahyang, dan makan malam.  Pukul 18.30 waktunya untuk persiapan  api unggun  semua panitia dan peserta bersemangat dalam memperisapkan api unggun agar malam kebersamaan ini sangat berkesan untuk semuanya. Pukul 19.15 Api unggun mulai menyala menandakan malam kebersamaan antara panita dan peserta serta pemateri sudah dimulai. Namun pada pukul 21.30 kegiatan kebersamaannya harus selesai karena kegiatan Unit Test harus segera dimulai. Setelah Unit Test pukul 22.00 CA diperbolehkan untuk istirahat.
        Masih pada kegiatan DIKLAT XXI, sekarang sudah memasuki hari ketiga. Pukul 04.00 CA dibangunkan dan dikumpulkan di Lapangan Yayasan Dana Punia, setelah itu CA diarahkan untuk merapikan semua perlengkapan mereka serta mereka juga membongkar tenda. Pukul 06.30 CA mendapatkan sarapan pagi hingga pukul 07.00. Setelah itu mereka diarahkan ke tempat Evakuasi untuk melakukan Simulasi korban Banjir Bandang sebagai bekal pelatihan agar dalam terjun langsung ke lapangan mereka sudah terbiasa dengan kejadian seperti itu.
       Peserta dibagi menjadi enam kelompok, setiap kelompok saling bergilir melakukan simulasi penyelamatan. Simulasi ini berakhir pada jam 11.00. Setelah simulasi selesai  CA diarahkan kembali untuk melakukan kegiatan bersih-bersih disekitar area mereka dan ikut membantu panitia dalam membongkar beberapa tenda yang belum dibongkar serta perwakilan dari CA dilatih untuk melaksanakan upacara penutupan. Pukul 13.30 Dapur Umum sudah menyiapkan makanan untuk disantap oleh CA dan panitia dengan tujuan untuk memupuk hubungan antara CA dengan Panitia. Pada pukul 14.30 dilakukan Gladi untuk Upacara penutupan hingga jam 15.00. Selanjutnya Upacara penutupan DIKLATSAR (Pendidikan dan Pelatihan Dasar ) dimulai, penyematan nametag dan penyiraman air kembang ke perwakilan CA sebagai tandaperesmian bahwa CA tidak lagi hanya menjadi  calon tapi sudah resmi menjadi anggota KSR-PMI Unit Undiksha. Dan penutupan kegiatan ini ditandai dengan ketukan mic tiga kali yang dilakukan oleh Pembina UKM.
      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar