PERSAMI I DIKLATSAR


Pendidikan dan Pelatihan Dasar (DIKLATSAR) XXIII yang diawali dengan Persami I yang dilaksanakan pada Sabtu-Minggu, 17-18 November 2018. Persami I ini pembukaan serangkaian DIKLATSAR dilaksakan di Gedung C2.04 Fakultas Ekonomi yang kemudian pada saat pemberian materi dilanjutkan di Budidaya Kelautan. Kegiatan DIKLATSAR XXIII dibuka secara resmi oleh Ibu dr. Ni Putu Dewi Sri Wahyuni, S.Ked., M.Kes. selaku Pembina UKM yang ditandai dengan Pengetukan Mikrofon sebanyak 3 kali.
Calon Anggota (CA) berkumpul pukul 06.00 WITA di parkiran FTK untuk melakukan presensi dan pengecekan barang individu. Tahun ini jumlah CA yang lanjut mengikuti kegiatan Persami 1 adalah sebanyak 37 orang (6 putra dan 31 putri). Secara umum, acara pembukaan berlangsung dengan cukup lancar dan tepat waktu. Setelah pembukaan selesai, CA melakukan Pre-Test dan bina suasana kelas. Kemudian CA mendapatkan materi Pengenalan Materi UKM KSR-PMI dari Ketua KSR-PMI Unit Undiksha sampai pukul 10.45 Wita yang dianjutkan dengan materi Peran KSR oleh Ketua KSR-PMI Unit Markas Pukul 10.45-12.15 Wita. Setelah selesai makan siang pukul 13.00, CA kembali lagi ke ruang materi untuk mendapat materi Sejarah Gerakan, Lambang Gerakan dan PMI oleh Made Mahendra Gautama. CA terlihat sangat antusias dalam peneimaan materi karena bukan hanya teori, namun juga CA dipersilakan untuk melakukan praktek secara individu namun tetap didampingi oleh pemateri maupun panitia pelaksana. Pukul 19.15 dilanjutkan dengan materi Kepemimpinan oleh Dwi Bayu Arysico sampai pukul 21.30. Kegiatan hari pertama pun diakhiri dengan Unit Tes dan Apel Malam .
Besoknya, hari kedua Persami 1 dimulai pukul 05.00 WITA dimana seluruh CA melaksanakan olah tubuh yang dihandle oleh I Gede Pradnya Wibawa dan Nyoman Remi selaku Korlap 1 dan Korlap 2 untuk membangkitkan semangat CA dan untuk memanaskan suhu badan yang kedinginan  karena merasakan udara pagi hari. Setelah badan dirasa cukup panas, kegiatan dilanjutkan dengan sembahyang, mandi, cuci, kakus dan sarapan (SMCKS) dengan menunya berupa bubur kacang hijau. Kemudian pukul 07.00 dianjutkan dengan materi Prinsip Dasar Gerakan dan HPI oleh Gede Sandiasa, S.Sos, Msi,   Kode Perilaku oleh I Nyoman Budi Adnyana, Donor Darah dari UTD PMI Kab. Buleleng dan materi terakhir Dasar-Dsar PP dan Anatomi & Faal oleh Drs. Wayan Widiyasa. Sebagai penutup kegiatan Persami 1, CA dan Panitia melakukan bersih-bersih kelas dan pengembalian dekorasi ruangan seperti semula sehingga tempat menjadi bersih dan rapi kembali. Dengan berakhirnya kegiatan Persami 1 dalam serangkaian DIKLATSAR XXIII, diharapkan jumlah CA tidak mengalami penurunan sampai Persami 2 maupun Diklat Lapangan sehingga resmi menjadi anggota UKM KSR-PMI Unit Undiksha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar