PERSAMI 2 DIKLATSAR KE – XXIV UKM KSR-PMI UNIT UNDIKSHA


PERSAMI 2 DIKLATSAR UKM KSR-PMI UNIT UNDIKSHA KE – XXIV


Dalam rangka penerimaan calon anggota (CA) KSR-PMI Unit Undiksha, UKM KSR-PMI Unit Undiksha mengadakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (DIKLATSAR) yang ke – XXIV. Sebagaimana susunan kegiatan DIKLATSAR adalah perkemahan sabtu-minggu (Persami) yang dibagi menjadi Persami 1, Persami 2 dan Persami 3. Kemudian setelah Persami, mereka akan dilatih di DIKLAT Lapangan selama 3 hari 2 malam. Pada Persami 1 telah dilaksanakan hari sabtu-minggu tanggal 05-06 Oktober 2019. Kemudian selanjutnya Persami 2 dilaksanakan pada hari sabtu-minggu tanggal 19-20 Oktober 2019.

Kegiatan Persami 2 pada hari pertama dimulai dengan berkumpulnya para CA di parkiran FTK (Fakultas Teknik dan Kejuruan) pada pukul 06.00 WITA, kemudian panitia akan melaksankan pengecekan barang bawaan individu dan kelompok sesuai dengan ketentuan saat Persami 2 serta panitia akan melakukan presensi untuk CA, dan diketahui pada kegiatan Persami 2 ini, Calon Anggota berjumlah 31 dengan jumlah laki-laki adalah 10 orang dan perempuan berjumlah 21 orang. Selanjutnya CA akan di koordinator oleh Koordinator Lapangan untuk melaksankan sarapan pagi hingga pukul 07.00 WITA, selama menunggu CA yang bertugas mengambil sarapan pagi, Calon Anggota yang lain akan menampilkan Yel-Yel yang telah mereka buat sehingga suasana sarapan pagi terasa seru dan bersemangat. Kemudian setelah CA sarapan pagi, mereka akan diarahkan untuk memasuki ruangan pemateri untuk mendapatkan materi pertama yaitu Logistik yang akan disampaikan oleh Dwi Bayu Arysico hingga pukul 11.30 WITA, pada materi Logistik akan diadakan simulasi bencana yaitu tanah longsor, disini Calon Anggota dilatih menerepkan materi yang telah didapatkannya. Selanjutnya adalah istirahat makan siang yang akan dihandle kembali oleh Korlap hingga pukul 12.15 WITA. Kemudian setelah CA makan siang mereka akan mendapatkan materi PBB yang akan dikoordinator oleh Korlap dan Kak Dwi Bayu Arysico di lapangan hingga pukul 13.00 WITA. Selanjutnya setelah mereka mendapatkan materi PBB, CA akan diinstruksikan kembali untuk memasuki ruang pemateri dan akan mendapatkan materi Pengantar DM yang dibawakan oleh Made Pasek Yasa, S.Sos hingga pukul 16.45 WITA. Kemudian untuk materi selanjutnya adalah Pemindahan Penderita yang akan disampaikan oleh Daud Puji Raharjo hingga pukul 17.30 WITA. Selanjutnya Calon Anggota, akan mendapatkan kesempatan MMCKS hingga pukul 18.30 WITA, kemudian CA akan melanjutkan kembali materi Pemindahan Penderita dengan praktek hingga pukul 20.45 WITA. Dan untuk materi selanjutnya adalah Kepemimpinan yang dibawakan oleh Dwi Bayu Arysico hingga pukul 21.30 WITA dan akan dilanjutkan dengan Unit Tes dimana bertujuan untuk mengasah pemahaman CA terhadap materi yang telah didapatkannya selama hari pertama Persami 2. Dan acara terakhir adalah Apel Malam dan selanjutnya adalah Dunia Malam atau Istirahat.

            Pada hari kedua Persami 2 diawali dengan kegiatan Olah Tubuh pada pukul 05.00 WITA hingga pukul 05.30 WITA, kemudian Calon Anggota akan diberikan instruksi untuk SMCKS oleh Korlap hingga pukul 07.00 WITA. Selanjutnya CA akan bersiap-siap kembali ke ruang pemateri untuk mendapatkan materi Dapur Umum yang akan disampaikan oleh Made Pasek Yasa, S.Sos. dari pukul 07.15 WITA hingga 09.15 WITA. Dan akan dilanjutkan dengan materi Penilaian yang akan dibawakan oleh I Nyoman Budiadnyana, S.Sos. dari pukul 09.15 WITA hingga pukul 12.15 WITA, pada saat materi Penilaian akan diadakan praktek pemeriksaan fisik yang akan diperagakan oleh Panitia Diklatsar kemudian akan dipraktekan kembali oleh para Calon Anggota. Selanjutnya adalah acara makan siang yang akan dikoordinator oleh Korlap hingga pukul 13.00 WITA. Kemudian CA akan kembali memasuki ruang pemateri untuk mendapatkan materi Perdarahan & Syok yang akan disampaikan oleh Cok Agung Indra Putra M. S.Kep. Ns hingga pukul 14.30 WITA dan akan dilaksanakan praktek kembali setelah pemberian materi. Kemudian CA akan mendapatkan materi terakhir pada Persami 2 adalah CJL (Cedera Jaringan Lunak) yang akan disampaikan oleh Amertha Puspadana, S.Kep. Ns hingga pukul 16.45 WITA dan dilaksanakan praktek untuk meningkatkan pemahaman Calon Anggota pada materi tersebut. Dan acara terakhir adalah CA dan Panitia melakukan bersih-bersih kelas dan pengembalian dekorasi ruangan seperti semula sehingga tempat menjadi bersih dan rapi kembali. Dengan berakhirnya kegiatan Persami 2 dalam serangkaian DIKLATSAR XXIV, diharapkan jumlah CA tidak mengalami penurunan melainkan peningkatan jumlah anggota pada Persami 3 maupun Diklat Lapangan sehingga resmi menjadi anggota UKM KSR-PMI Unit Undiksha.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar