PERSAMI 1 DIKLATSAR UKM KSR-PMI UNIT UNDIKSHA Ke XXV

PERSAMI 1 DIKLATSAR UKM KSR-PMI UNIT UNDIKSHA Ke XXV




              Pendidikan dan Pelatihan Dasar (DIKLATSAR) ke XXV diawali dengan Persami 1 yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 31 Oktober 2020 dan Minggu, 01 November 2020. Pelaksanaan persami tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana persami tahun ini dilaksanakan secara daring melalui media platform zoom. Hal tersebut dikarenakan kondisi pandemi yang tidak memungkinkan untuk melakukan pertemuan secara offline, meskipun demikian para peserta tetap antusias mengikuti kegiatan persami berupa pemberian materi dari kakak-kakak pembina dari awal hingga akhir sesi. Kegiatan Persami Calon Anggota Angkatan 25 UKM-KSR PMI Unit Undiksha ini dibuka secara resmi oleh dr. I Made Kusuma Wijaya, S.Ked., M.Kes. selaku Pembina UKM KSR-PMI Unit Undiksha disertai dengan pemberian kata sambutan. Pada pembukaan ini juga turut mengundang tamu undangan Ormawa yang ada di lingkungan Undiksha beserta rekan-rekan KSR Unit lain.
            Pada kegiatan hari pertama Persami 1, Calon Anggota memasuki room meeting zoom dan melakukan presensi pada pukul 07.05-07.15 WITA. Sie Humas akan membagikan link 5 menit sebelum kegiatan dimulai melalui group chat Whatsapp dan Sie Sekret akan membagikan link presensi melalui group Whatsapp berupa google form. Setelah masuk di room meet zoom, para CA akan diarahkan untuk masuk ke breakout room sesuai dengan kelompok CA masing-masing yang telah dibagikan oleh Sie Diklat. Pada breakout room pendamping kelompok akan melakukan pengecekan berupa kelengkapan maupun pelanggaran yang dilakukan oleh para CA. Untuk tahun ini jumlah CA yang mengikuti kegiatan persami 1 kurang lebih sebanyak 102 orang.
            Untuk pembukaan materi persami diawali dengan pengenalan mengenai UKM KSR PMI -Unit Undiksha itu sendiri oleh Ni Luh Julia Parwati selaku ketua UKM, Pengenalan ini meliputi hal - hal seperti para pengurus dan anggota, Program Kerja UKM, dan Fungsi UKM KSR - PMI Unit Undiksha itu sendiri di lingkungan Kampus.
          Setelah beberapa hal yang telah disampaikan yang berupa materi ringan, lanjut ke materi yang mulai serius dan mendalam, untuk materi kedua ini dibawakan oleh Komandan KSR Unit Markas (Pande Komang Wirya Ananda) yang berjudul Peran KSR di masyarakat itu sendiri. Singkat cerita setelah para Calon Anggota mendapat materi tentang Peran KSR itu sendiri, proses Belajar Mengajar dilanjutkan dengan memasuki materi ketiga yakni Sejarah Gerakan Kepalang Merahan yang dibawakan oleh Kak Daud Puji Raharjo sebagai pemateri ketiga. Setelah materi disampaikan para Calon anggota, Panitia dan Pemateri lainnya dipersilahkan meninggalkan room meeting karena sudah terjadwalkan waktu untuk break (istirahat) selama kurang lebih 45 menit.
        Usai waktu istirahat berakhir panitia dan Calon Anggota memasuki kembali room meeting untuk melanjutkan materi keempat yang dibawakan oleh Kak Risa Astrini yang berjudul Lambang Gerakan serta untuk materi selanjutnya pun yang berjudul Prinsip dasar gerakan masih dibawakan oleh Kak Risa Astrini Selaku pemateri keempat. Akan tetapi saat pergantian materi dari materi keempat ke materi kelima ada sedikit kendala di bagian sinyal karena diakibatkan oleh hujan yang cukup deras saat kegiatan berlangsung.
            Berlanjut saat materi terakhir yang berjudul Hukum Perikemanusiaan Internasional yang dibawakan oleh Kak Mahendra Gautama. Untuk pelaksanaan kegiatan sendiri dinilai cukup lancar dan hanya ada sedikit kendala berupa masalah sinyal pada pergantian materi keempat ke materi kelima karena faktor hujan yang cukup deras.
Untuk tahap akhir Persami 1 hari pertama ditutup dengan rapat evaluasi kegiatan oleh panitia mengenai kendala kendala dan solusi dari kegiatan yang dijalankan.
            Selanjutnya, pada hari kedua persami 1 pelaksanaannya masih sama seperti hari pertama. Para CA masuk ke room meet zoom dan melakukan presensi pada pukul 07.05-07.15 WITA, setelah itu peserta akan memasuki breakout room sesuai kelompoknya dan akan dilakukan pengecekan oleh pendamping kelompok masing-masing.
                   Setelah itu, materi pertama dimulai pada pukul 08.00-10.00 WITA. Materi pertama diawali dengan HPI (Hukum Perikemanusiaan Internasional) yang disampaikan oleh Kak Mahendra Gautama. Pada materi ini pemaparannya berupa diskusi tugas yang sudah diberikan sebelumnya oleh Kak Mahendra Gautama, para CA sangat aktif menjawab pertanyaan yang diberikan oleh kakak pemateri. Kemudian, materi kedua dibawakan kembali oleh Kak Mahendra Gautama yaitu mengenai Kode Perilaku pada pukul 12.15-13.00 WITA, penyampaian materi ini berlangsung hingga jam istirahat. Setelah materi disampaikan para Calon anggota, Panitia dan Pemateri lainnya dipersilahkan meninggalkan room meeting karena sudah terjadwalkan waktu untuk break (istirahat) selama kurang lebih 45 menit.
            Usai waktu istirahat berakhir panitia dan Calon Anggota memasuki kembali room meeting untuk melanjutkan materi ketiga yaitu PMI (Palang Merah Indonesia) yang dibawakan oleh Kak Gede Sandiasa, materi tersebut disampaikan pada pukul 13.00-14.30 WITA. Setelah materi PMI selesai disampaikan kemudian dilanjutkan materi selanjutnya pada pukul 14.30-15.15 WITA oleh Kak Wayan Widiyasa mengenai Dasar-dasar PP. Setelah materi Dasar-dasar PP berakhir kemudian dilanjutkan kembali dengan materi selanjutnya mengenai Anatomi & Faal, materi ini masih disampaikan oleh pemateri yang sama yaitu Kak Wayan Widiyasa. Materi ini disampaikan pada pukul 15.30-16.15, pemberian materi tersebut diakhiri dengan sesi diskusi berupa tanya jawab anatara pemateri dan peserta.
            Materi terakhir pada persami 1 hari kedua adalah donor darah yang dibawakan langsung oleh UDD (Unit Donor Darah) yaitu Kak Isnawan, penyampaian materi dimulai dari pukul 16.15-17.45 WITA. Penyampaian materi diawali dengan penampilan video donor darah dan dilanjutkan oleh penjelasan materi melalui power point. Setelah penyampaian materi donor darah berakhir kemudian dilanjutkan dengan pengadaan Unit Test Calon Anggota.
            Dengan berakhirnya kegiatan persami 1 dalam serangkaian DIKLATSAR XXV diharapkan jumlah CA tidak mengalami penurunan sampai Persami 2 maupun Diklat Lapangan sehingga dapat menjadi anggota resmi UKM KSR-PMI Unit Undiksha.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesan Kesan Sang Komandan

OCA (Orientasi Calon Anggota): Serangkaian Kegiatan Diklatsar XVII

MUKER III, First Step for revolution